Perumusan Rencana Strategi Bisnis Sebagai Salah Satu Syarat Administrasi Untuk Memperoleh Status Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU) (Studi Khasus : RSUD Mardi Waluyo)

herdina Nurviyanti

Informasi Dasar

112051039
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Badan Layanan Umum adalah instansi di lingkungan Pemerintah yangdibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas. BLU bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa dengan memberikan fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan berdasarkan prinsip ekonomi dan produktivitas, dan penerapan praktek bisnis yang sehat. Suatu satuan kerja instansi pemerintah dapat diizinkan mengelola keuangan dengan PK-BLU apabila memenuhi persyaratan substantif, teknis, dan administratif.
RSUD Mardi Waluyo adalah rumah sakit milik pemerintah daerah Kota Blitar, untuk meningkat mutu pelayanan dan efisiensi, rumah sakit ini berkeinginan untuk dapat pengolola keuangnya dengan PK-BLU. Penelitian ini bertujuan pembuatan perumusan rencana strategi bisnis dalam rangka memenuhi salah satu persyarata administartif PK-BLU.
Untuk pemecahan masalah tersebut, maka dilakukan pemecahan masalah dalam empat tahap, yaitu tahap pendahuluan, tahap pengumpulan dan pengolahan data, tahap analisis dan perumusan rencana strategi binis, dan tahap kesimpulan dan saran. Tahap identifikasi meliputi penentuan masalah dan tujuan yang ingin dicapai. Tahap pendahuan adalah melakukan studi pustaka dan studi objek penelitian. Tahap pengumpulan dan pengolahan dataadalah mengupulkan data internal dan eksternal kemudian mengolahnya. Tahap selanjutnya adalah menuju ke tahap analisis dan perumusan rencana strategi bisnis. Setelah tahap ini selesai, selanjutnya adalah tahap kesimpulan dan saran.
Pada penelitian ini, perumusan rencana strategi strategi bisnis menggunakan analisa SWOT, diawali dari proses analisa awal yaitu analisa data internal dan eksternal, kemudian diinputkan kedalam IFE matrik dan EFE matik. Selanjutnya masuk tahap perumusan strategi mengunkan SWOT matik dan IE matrik. Terakhir tahap penentuan prioritas strategi menggunakan QSPM.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian yaitu perumusan strategi yang harus dijalankan RSUD Mardi Waluyo dalam menjalan PK-BLU diantaranya meningkatkan profesionalisme dan kopetensi tenaga keperawatan, melangkapi kebutuhan dan kecukupan ruang pelayanan sesuai dengan teknologi kedoteran dan kunjungan pasien, dan mengalokasikan sumber daya keuangan yang berorientasi pada perbaikan mutu pelayanan yang ditunjang dengan sistem komputerisasi.
BLU, perumusan rencana strategi bisnis, analisa SWOT

Subjek

Industri engineering
 

Katalog

Perumusan Rencana Strategi Bisnis Sebagai Salah Satu Syarat Administrasi Untuk Memperoleh Status Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU) (Studi Khasus : RSUD Mardi Waluyo)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

herdina Nurviyanti
Perorangan
Anang Zaini Gani
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini