Usulan Strategi Tarif layanan 3G Video Call Telkomsel menggunakan metode Customer Value (Studi Kasus: Pelanggan Prabayar Telkomel wilayah Bandung)

Ferry Indra Sakti H Sinaga

Informasi Dasar

112040114
658.809
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Teknologi 3G adalah teknologi seluler yang memungkinkan terjadinya akses data yang lebih cepat hingga mencapai 2MBps. Di Indonesia, lisensi untuk pengadaan jaringan 3G dipegang oleh 5 operator seluler yang salah satu nya adalah PT Telkomsel Tbk. PT Telkomsel selaku market leader layanan telekomunikasi di Indonesia, mengadopsi teknologi WCDMA (Wideband Code Division Multiple Access) di jaringan yang dimilikinya.
Salah satu layanan yang menjadi layanan utama teknologi 3G adalah layanan video call. Layanan ini memungkinkan pelanggan untuk melakukan panggilan telepon dengan melihat lawan bicaranya di layar handphone-nya. Akan tetapi, seiring dengan pertumbuhan layanan video call ini, banyak terdengar adanya keluhan pelanggan mengenai kualitas dan tarif layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. pelanggan merasa bahwa tarif yang dikenakan untuk setiap layanan video call, masih terlalu mahal, padahal kualitas layanan yang diberikan masih belum memuaskan.
Didalam penelitian ini, akan diberikan usulan besaran tarif yang sebaiknya dikenakan terhadap layanan video call berdasarkan perceived value layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Untuk memberikan usulan tarif yang akan dikenakan, perlu diketahui bagaimana persepsi pelanggan terhadap atribut tarif yang dikenakan berdasarkan performanceimportance matrix. Selain itu juga, perlu diketahui bagamana posisi layanan video call prabayar Telkomsel dibandingkan dengan layanan video call kompetitor (prabayar Indosat) menggunakan pengolahan data customer value map. Untuk dapat menetapkan besaran tarif yang sebaiknya dikenakan kepada pelanggan, maka perlu diketahui seberapa besar kemauan bayar pelanggan terhadap layanan yang disediakan oleh perusahaan menggunakan price sensitive meter yang didapatkan melalui pengolahan data customer willingness to pay.
Usulan besaran tarif yang direkomendasikan berdasarkan pengolahan perceived value layanan adalah: Komponen Tarif Usulan Tarif simPATI Kartu AS Tarif lokal video call ke sesama operator Rp. 800 per menit Rp. 800 per menit Tarif interlokal video call ke sesama operator Rp. 1.000 per menit Rp. 1.000 per menit Tarif lokal video call ke operator lain Rp. 1.500 per menit Rp. 1.500 per menit Tarif interlokal video call ke operator lain Rp. 1.800 per menit Rp. 1.800 per menit Tarif panggilan video call sambungan internasional Rp. 6.000 per menit Rp. 6.000 per menit
Berdasarkan hasil dari perhitungan parameter kelayakan, usulan besaran tarif yang dikenakan secara ekonomis layak untuk dilaksanakan dengan nilai NPV sebesar Rp.45.725.334.626, nilai IRR sebesar 33% dan dengan PBP selama 3.80 tahun.
value map,customer willingness to pay, video call, tarif, prabayar

Subjek

SERVICE
 

Katalog

Usulan Strategi Tarif layanan 3G Video Call Telkomsel menggunakan metode Customer Value (Studi Kasus: Pelanggan Prabayar Telkomel wilayah Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ferry Indra Sakti H Sinaga
Perorangan
Farda Hasun, Mumu Natapriatna
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini