PERBAIKAN PROSES BISNIS CETAKAN BUKU DENGAN METODE BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT (BPI) (STUDI KASUS: PT. UNIVERSAL)

IMAM DEVANNA

Informasi Dasar

112040066
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Universal adalah perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang percetakan. Terdapat beberapa produk cetakan yang dikerjakan oleh PT. Universal dan salah satunya adalah buku. Pencetakan buku mempunyai waktu siklus yang panjang dan proses yang kompleks. Dalam tahap produksi terdapat beberapa tahapan operasi yaitu, expose film, cuci plat, cetak, lipat dan susun, block lem, potong, serta wrapping. Permasalahan yang terjadi pada keseluruhan proses menyebabkan tidak tercapainya target penyelesaian pekerjaan.

Perlu dilakukan suatu perbaikan untuk mengatasi permasalahan tersebut dan salah satu metode yang dapat digunakan adalah Business Process Improvement. Langkah-langkah yang dilakukan dalam merancang usulan perbaikan di antaranya pemahaman proses, pengukuran waktu siklus, identifikasi sumber daya manusia, informasi, fasilitas dan teknologi, kebutuhan pelanggan, serta kesalahan pada proses eksisting. Rancangan proses cetakan buku usulan disusun berdasarkan analisis aktivitas dan perbaikan waktu siklus dengan menelaah lebih lanjut unsur-unsur dalam proses eksisting yang telah diidentifikasi.

Hasil rancangan perbaikan adalah proses usulan yang lebih baik dibandingkan dengan proses eksisting. Pada proses perbaikan yang diusulkan, secara keseluruhan nilai efisiensi waktu siklus kegiatan mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil output model simulasi dapat diketahui bahwa waktu pengerjaan untuk 1000 buku berisi 40 lembar kertas A4, full color, dengan jenis finishingblock lem pada proses usulan berkurang sebesar 8 jam dari keseluruhan proses eksisting. Selain itu, perbaikan yang dilakukan juga berdampak pada peningkatan utilisasi lokasi dan sumber daya. Business Process Improvement, perbaikan waktu siklus, pemodelan simulasi.

Subjek

Industri engineering
 

Katalog

PERBAIKAN PROSES BISNIS CETAKAN BUKU DENGAN METODE BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT (BPI) (STUDI KASUS: PT. UNIVERSAL)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IMAM DEVANNA
Perorangan
BUDI PRAPTONO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini