DESAIN SERVICE LEVEL AGREEMENT (SLA) PROSES BISNIS PENYELESAIAN PASANG SAMBUNG BARU (PSB) MENGGUNAKAN PENDEKATAN KERANGKA ENHANCED TELECOM OPERATION MAP (eTOM) DI PT. TELKOM - KANDATEL BANDUNG

WIDIARSO CATUR H

Informasi Dasar

112040014
658.809
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk adalah perusahaan penyedia jasa telekomunikasi dan informasi (InfoComm) terbesar di Indonesia, selalu berusaha untuk memberikan layanan yang terbaik bagi kastemernya melalui proses bisnis yang memudahkan dalam perbaikan dan evaluasi terutama pada proses bisnis yang berkaitan langsung dengan pelanggan seperti proses penyelesaian Pasang Sambung Baru (PSB). Sebagai suatu organisasi bisnis atau unit usaha yang profesional, PT. Telkom perlu mendefinisikan skenario manajemen operasi atau juga framework proses bisnis untuk setiap aktivitas penyediaan layanan. Sehingga mempunyai definisi yang baku untuk setiap alur proses kerja (workflow) yang diberlakukan pada setiap unit, yang mempunyai standar input dan output yang jelas pada setiap proses bisnis masingmasing. Hal inilah yang mendasari setiap proses bisnis harus memiliki Service Level Agreement yang nantinya berfungsi sebagai bentuk kesepakatan antara unit – unit yang berkepentingan tentang komitmen terhadap pelaksanaan suatu proses bisnis.
Tahap pertama yang dilakukan dalam desain Service Level Agreement menggunakan SLA Process Flows adalah identifikasi dan pemahaman proses bisnis eksisting. Hal ini dilakukan untuk mengetahui alur kerja proses bisnis eksisting. Setelah itu menentukan isi dan batasan SLA dan kriteria evaluasinya, karena SLA pada dasarnya adalah kesepakatan antara pelaku proses dalam proses bisnis itu sendiri terhadap masing – masing aktivitas yang terdapat didalamnya.
Desain Service Level Agreement (SLA) proses bisnis penyelesaian Pasang Sambung Baru di PT. Telkom dibuat dalam dua jenis yaitu dokumen kontrol Service Level Agreement keseluruhan dan Service Level Agreement per Aktivitas yang terdapat pada satu berkas SLA dengan kesepakatan antara bagian Customer Care dan bagian Access Network Operation. Dokumen kontrol Service Level Agreement adalah SLA keseluruhan dari proses bisnis penyelesaian Pasang Sambung Baru (PSB) yang merupakan kesepakatan antara penanggung jawab setiap aktivitas dalam proses bisnis tersebut. Dokumen kontrol ini memuat deskripsi service, peserta kerjasama, cakupan service (waktu service, kondisi service, kualitas service), report service dan dokumentasi, perubahan pada perjanjian service, evaluasi service level, dan penalti atau hukuman jika terjadi pelanggaran terhadap SLA. Sedangkan SLA per aktivitas dibuat per bagian agar memudahkan melakukan evaluasi dan kontrol performansi terhadap masing-masing bagian dengan penetapan maksimum resolution time menggunakan faktor penyesuaian dan faktor kelonggaran pada metode jam henti.
SERVICE LEVEL AGREEMENT (SLA), ENHANCED TELECOM OPRATION MAP (eTOM), PROSES BISNIS

Subjek

SERVICE
 

Katalog

DESAIN SERVICE LEVEL AGREEMENT (SLA) PROSES BISNIS PENYELESAIAN PASANG SAMBUNG BARU (PSB) MENGGUNAKAN PENDEKATAN KERANGKA ENHANCED TELECOM OPERATION MAP (eTOM) DI PT. TELKOM - KANDATEL BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WIDIARSO CATUR H
Perorangan
SRI WIDANINGRUM
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini