PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PROYEK DENGAN ANALISIS MANAJEMEN RISIKO

HARRIS DARMAWAN

Informasi Dasar

112037158
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Setiap manajer proyek memahami risiko yang melekat pada proyek, risiko yang tidak bisa dipisahkan dari proyek. Tidak ada perencanaan yang dapat mengatasi risiko atau mampu mengendalikan peristiwa kesempatan. Dalam konteks proyek, risiko adalah suatu kondisi atau peristiwa tidak pasti apabila hal itu terjadi dapat mempunyai efek positif atau negatif terhadap sasaran proyek. Sebuah risiko mempunyai penyebab jika risiko itu terjadi maka akan ada konsekuensi. Jika yang terjadi adalah peristiwa yang tidak pasti, maka dampaknya adalah pada biaya, jadwal dan kualitas proyek.
PT. Telekomindo Primakarya sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang proyek konstruksi, memiliki kendala dalam hal mengelola risiko di dalam aktifitas ‘Building Project’nya. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu aplikasi untuk mengelola risiko tersebut. Sebagai solusi dari kendala tersebut, maka penelitian Tugas Akhir ini bertujuan untuk membuat suatu Sistem Informasi Manajemen Risiko Proyek yang mampu memanajemen risiko aktifitas proyek PT. Telekomindo Primakarya.
Dalam merancang sistem ini, ada beberapa hal yang dilakukan dalam memecahkan masalah risiko yang secara garis besar terbagi menjadi lima tahap. Pertama, manajemen risiko berusaha mengenali dan mengelola masalah potensial dan tak terduga yang mungkin terjadi ketika proyek diimplementasikan. Kedua, manajemen risiko mengindentifikasi sebanyak mungkin peristiwa risiko (sesuatu yang bisa berlangsung salah/menyimpang). Ketiga, memperkecil dampak mereka (apa yang dapat dilakukan pada peristiwa tersebut sebelum proyek dimulai). Keempat, mengelola respons terhadap peristiwa-peristiwa yang sungguhsungguh berdampak besar (rencana kontingensi). Dan kelima, menyediakan dana kontingensi untuk mengatasi peristiwa risiko benar-benar terjadi.
Dari hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa sistem yang dirancang mampu memudahkan proses manajemen risiko dan dapat menghitung dana kontingensi untuk mengatasi peristiwa risiko apabila risiko tersebut benar-benar terjadi. Building Project PT. Telekomindo Primakarya, Sistem Informasi Manajemen

Subjek

Industri engineering
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PROYEK DENGAN ANALISIS MANAJEMEN RISIKO
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HARRIS DARMAWAN
Perorangan
Imam Haryono
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini