PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN LAYANAN INTERNET GLOBAL AKSES DENGAN METODE ANALISIS BUSINESS SYSTEM PLANNING (BSP)

RIKA MUSTIKA

Informasi Dasar

112030125
658.403 801 1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi informasi terutama internet, telah mendorong pertumbuhan kebutuhan internet untuk berbagai kalangan, termasuk kalangan akademisi seperti mahasiswa. Jatinangor merupakan pasar potensial untuk bisnis internet karena memiliki jumlah mahasiswa yang sangat besar, terutama yang tinggal di tempat kost. Terbukti dengan munculnya layanan internet yang dapat di akses dari tempat kostnya yang ditawarkan oleh Global Akses memiliki peminat yang cukup banyak. Namun, banyaknya pekerjaan-pekerjaan di Global Akses yang masih dilakukan secara manual mengakibatkan banyak permintaan yang tidak dapat terpenuhi karena lambatnya laporan sebagai input untuk keputusan manajemen.
Untuk itulah penulis membuat perancangan sistem Informasi manajemen untuk perusahaan Global Akses ini dengan tujuan merancang sebuah sistem informasi manajemen untuk membantu pelaksanaan proses bisnis di Global Akses sesuai dengan arsitektur informasi dari hasil analisis yang dilakukan dengan metode Business System Planning (BSP).
Analisis untuk melakukan perancangan sistem dibuat dengan metode Business System Planning (BSP). Pada arsitektur informasi hasil analisis rancangan BSP dihasilkan lima subsistem yaitu subsistem manajemen, subsistem teknis, subsistem marketing, subsistem administrasi, dan subsistem keuangan.
Subsistem-subsistem beserta kelas data dan proses-proses yang menyertainya dari arsitektur informasi yang telah dirancang kemudian dijadikan dasar bagi penyusunan sistem informasi untuk Global Akses ini. Sehingga untuk aplikasinya sistem dibuat menjadi enam program untuk General Manager, Marketing, Teknis, Keuangan, Administrasi yang dibreakdown menjadi dua dengan pelanggan sebagai penginput data dan pemesanan. Dengan demikian aplikasi ini dapat membantu pihak manjemen Global Akses untuk proses bisnis dan mempercepat update data untuk kebutuhan laporan-laporan. Analisis terhadap uji rancangan yang dilakukan menunjukan perancangan sistem informasi yang dibuat sesuai dengan perancangan arsitektur informasi yang telah dirancang pada analisis business system planning sebelumnya, seluruh fungsi pada aplikasi yang dibuat sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan output yang diharapkan dan hasil uji coba di lingkungan user menunjukan bahwa performansi sistem sudah dianggap cukup baik.
Sistem Informasi Manajemen, Business System Planning (BSP)

Subjek

Information system management
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN LAYANAN INTERNET GLOBAL AKSES DENGAN METODE ANALISIS BUSINESS SYSTEM PLANNING (BSP)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIKA MUSTIKA
Perorangan
BUDI SULISTYO, ERWIN BUDI SETIAWAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini