EVALUASI KELAYAKAN BISNIS RUMAH MAKAN SABOTEN SHOKUDO (Studi Kasus : Saboten Shokudo Cabang Malang)

IMADUDDIN ASHARI

Informasi Dasar

112030063
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini kehidupan masyarakat tidak bisa dipisahkan akan kebutuhan makan. Selama manusia itu hidup, maka pasti akan butuh makan. Tetapi pada saat ini pola hidup masyarakat mulai bergeser, yaitu makan di rumah makan bersama keluarga atau relasi menjadi sebuah kebutuhan. Begitu pula di kota Malang, sebagai salah satu kota pelajar, dimana mahasiswa merupakan salah satu elemen masyarakat. Kebanyakan mahasiswa adalah perantauan, dimana mereka tinggal sendiri atau kos. Mahasiswa yang kos kebanyakan makan di luar rumah, tujuan mereka adalah warung atau rumah makan. Dari hasil survey yang dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner dan wawancara kepada mahasiswa di kota Malang, sebagian bsar mereka selalu makan di rumah makan, karena memang di tempat tinggal mereka atau kos tidak ada yang menyediakan makanan.
Berdasarkan hal itu, rumah makan Saboten Shokudo yang menspesialisasikan di bidang masakan Jepang, membidik mahasiswa sebagai pasar utama mereka. Berdasarkan pengamatan, masakan Jepang selalu diasumsikan sebagai makanan ekslusif yang sudah tentu harganya mahal. Tetapi memang belum ada di kota Malang, rumah makan masakan Jepang yang harganya murah atau terjangkau oleh mahasiswa. Sehingga rumah makan Saboten shokudo adalah rumah makan pertama yang membawa konsep masakan Jepang dengan harga yang sangat terjangkau oleh mahasiswa di kota Malang.
Pengumpulan data pada aspek pasar dilakukan melalui survey dengan cara menyebar instrument penelitian berupa kuisioner untuk mengetahui profil dan minat calon konsumen terhadap rumah makan Saboten Shokudo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik convenience sampling. Untuk pengujian dari aspek teknis dan keuangan digunakan data sekunder yang diperoleh dari rumah makan Saboten Shokudo.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pasar potensial untuk rumah makan Saboten Shokudo 81,6%, yang diperoleh berdasarkan pada tingkat keminatan responden terhadap produk rumah makan Saboten Shokudo. Untuk pasar tersedia didasarkan pada variabel tingkat kemampuan, daya beli terhadap produk rumah makan Saboten Shokudo, yakni sebesar 87,25 % dan untuk pasar sasaran adalah 11%. Selain itu dihasilkan juga peramalan demand rumah makan Saboten Shokudo untuk 5 tahun (20 triwulan) kedepan. Sedangkan hasil penelitian dari aspek teknis adalah dibuatnya rancangan berdasarkan estimasi demand rumah makan Saboten Shokudo. Kemudian berdasarkan hasil perhitungan menurut parameter penilaian investasi, maka rumah makan Saboten Shokudo ini layak direalisasikan dengan nilai NPV Rp. 30.188.510, IRR 28% dan PBP 3,79 tahun.
Rumah makan Saboten Shokudo, Pasar, Keuangan, Kelayakan.

Subjek

Industri engineering
 

Katalog

EVALUASI KELAYAKAN BISNIS RUMAH MAKAN SABOTEN SHOKUDO (Studi Kasus : Saboten Shokudo Cabang Malang)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IMADUDDIN ASHARI
Perorangan
ENDANG CHUMAIDIYAH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini