EVALUASI BASIC SERVICE DAN PERANCANGAN VALUE ADDED SERVICE PADA RT/RW NET BERDASARKAN ONLINE GROUP DISCUSSION

andri

Informasi Dasar

112030057
658.809
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pelayanan internet ke kost adalah produk utama TitikMaya yang menggunakan kabel sebagai media akses ke pelanggannya. Layanan internet kost ini merupakan layanan prabayar yang menawarkan kemudahan dan kemyamanan dalam mengakses internet. Saat ini jumlah pelanggan TitikMaya dan peningkatannya perbulan cukup tinggi, namun terdapat pula beberapa pelanggan berhenti berlangganan. Berdasarkan data yang diperoleh dari TitikMaya, masih terdapat keluhan keluhan mulai dari sisi jaringan hingga hingga sisi pelayanan. Adanya migrasi sistem kerapkali menimbilkan banyak masalah yang menyangkut jaringan. Bila hal ini berlangsung terus menerus tidak menutup kemungkinan jumlah pelanggan TitikMaya yang berhenti berlangganan akan terus meningkat, dan dengan demikian akan menimbulkan kerugian bagi perusahaan, karena kehilangan pelanggan potensial dan loyalitas pelanggan lama. Mempertimbangkan hal tersebut, perlu dilakukan suatu evaluasi terhadap performansi layanan TitikMaya untuk kemudian dilakukan perancangan perbaikan layanan TitikMaya dengan hasil akhir berupa usulan layanan yang dapat menjawab kebutuhan dan keinginan pelanggan. Disamping itu, permintaan mahasiswa akan layanan lain selain internet terus berdatangan. Sarana hiburan menjadi pilihan lain. Dari sisi perusahaan hal itu merupakan nilai tambah, karena dapat lebih mengoptimalkan penggunaan jaringan yang telah ada, hanya dengen menambah beberapa sistem baru.
Metoda OGD (Online Group Disscusion) dipilih untuk mencari data mengenai hal-hal yang menjadi keinginan dan kebutuhan pelanggan. Metoda ini terhitung efektif dikarenakan pelanggan sendiri yang mengungkapkan apa keinginan mereka dan bukanlah menentukan dari pilihan yang diberikan. Dalam perancangan produk, digunakanlah metoda QFD(Quality Function Deplyment) sebagai metoda untuk mengidentifikasi suara konsumen dan menterjemahkannya menjadi karakteristik produk, namun metoda QFD ini tidak mampu menciptakan konsep baru dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan konsumen yang seringkali kontradiktif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut digunakan metoda TRIZ (The Theory of Inventive Problem Solving) yang berperan untuk menciptakan kosep baru dalam memenuhi kebutuhan pelanggan yang kontradiktif tersebut.
Dari hasil pengolahan data dan penelitian, didapatkan 23 atribut kebutuhan pelanggan akan kualitas layanan dan 2 atribut kebutuhan tarif. Berdasarkan hasil analisis dan pengolahan data yang dilakukan terhadap 23 atribut kebutuhan dan 25 karakteristik teknis serta penyelesaian masalah kontradiksi antar karakteristik teknis pada bagian co-relationship matriks HoQ dengan menggunakan TRIZ. Rekomendasi perbaikan ditujukan kepada 10 atribut kebutuhan dengan nilai Raw Weight yang tertinggi. Dari rekomendasi tersebut diberikanlah beberapa usulan produk yang sesuai dengan hasil survey, yang diharapkan akan meningkatkan kepuasan pelanggan dan pada akhirnya akan meningkatkan loyalitas konsumen. TitikMaya, QFD, Basic service, Value added service

Subjek

SERVICE
 

Katalog

EVALUASI BASIC SERVICE DAN PERANCANGAN VALUE ADDED SERVICE PADA RT/RW NET BERDASARKAN ONLINE GROUP DISCUSSION
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

andri
Perorangan
AVON BUDIYONO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini