USULAN PERBAIKAN PROGRAM CUSTOMER RETENTION INDOSAT COMMUNITY BERDASARKAN PENGUKURAN KEPUASAN ANGGOTA DENGAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX(CSI) DI BANDUNG

ANNITA CECARIA

Informasi Dasar

112030020
658.834 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Persaingan antar operator seluler saat ini sangat pesat, baik dalam hal produk, harga, jalur komunikasi, maupun layanan. Tiap operator berusaha memberikan yang terbaik bagi pelanggannya. Hal ini menyebabkan banyak pelanggan yang berpindah-pindah dari satu operator ke operator lain, istilah ini disebut dengan churn pelanggan. PT.Indosat Tbk yang merupakan salah satu operator seluler besar di Indonesia juga menghadapi masalah churn pelanggan. Tingkat churn pelanggan di Indosat berkisar 8-12% tiap bulannya (Divisi Loyalty&Retention,2007). Melihat hal ini Indosat merasa perlu untuk melakukan usaha-usaha untuk meretensi pelanggan (customer retention) yang dimiliki saat ini.
Salah satu usaha retensi yang dilakukan oleh Indosat khususnya unit Community pada divisi Loyalty & Retention adalah membentuk Indosat Community. Indosat Community diresmikan pada 29 Agustus 2006, hingga Januari 2007 anggota Indosat Community hanya sekitar 10.000 anggota dari 1.500.000 pelanggan Indosat yang berdomisili di Bandung. Indosat masih merasa perlu untuk melakukan perbaikan terhadap program Customer Retention Indosat Community, agar lebih sesuai dengan keinginan anggotanya dan dapat membantu usaha meretensi pelanggan yang sudah ada, agar tidak Churn dari Indosat.
Oleh karena itu perlu dilakukan suatu penelitian untuk mengetahui faktor-faktor apa yang menjadi preferensi bagi anggota untuk bergabung dalam Indosat Community, melakukan pengukuran tingkat kepuasan anggota terhadap program Indosat Community eksisting, dan melakukan perbandingan terhadap komunitas lain yang dimiliki oleh operator pesaing. Penelitian ini didukung dengan melakukan survey pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Kuesioner disebarkan secara convenience sampling kepada para anggota Indosat Community di Bandung. Selain itu dilakukan pula wawancara pada beberapa orang anggota dan unit Community untuk mendapatkan informasi mengenai Indosat Community eksisting.
Data yang terkumpul akan diolah dengan mengunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan deskriptif frekuensi. CSI digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan anggota terhadap Indosat Community eksisting, yang kemudian akan dipetakan dalam Performance-Importance Matrix untuk mengetahui posisi variable-variabel dalam kuadran dan mengetahui prioritas perbaikan. Deskriptif frekuensi digunakan untuk mengetahui persentase dari faktor pendukung bergabung dalam Indosat Community dan program/benefit apa yang diinginkan oleh anggota.
Berdasarkan hasil pengolahan data didapatkan bahwa faktor-faktor yang mendorong pelanggan Indosat untuk bergabung dalam Indosat Community adalah merasa akan mendapatkan banyak manfaat (36,7%), adanya sms broadcast mengenai registrasi Indosat Community (26,7%), ajakan dari teman(23,8%), dan membaca iklan di web portal Indosat Community(8,6%).
Selain itu dari hasil perhitungan CSI dapat dikatakan bahwa anggota sudah cukup puas terhadap Indosat Community eksisting (76,118%) dan dari pemetaan pada matriks didapat pula variable-variabel apa saja yang menjadi prioritas utama untuk dilakukan peningkatan. Dua variabel yang menjadi prioritas utama untuk ditingkatkan yaitu variabel informasi dan variebel benefit yang menempati posisi di kuadran I pada Performance – Importance Matrix. Usaha peningkatan pada varibel ini dilakukan agar dapat memenuhi keinginan dan harapan anggota sehingga meningkatkan kepuasan mereka terhadap Indosat Community. Selain itu dapat dihasilkan usulan perbaikan program Customer Retention Indosat Community secara keseluruhan baik dari segi faktor pendorong untuk bergabung dalam Indosat Community maupun perbaikan dari segi variabel registrasi, informasi, benefit, dan program. Selain itu dari hasil perhitungan CSI dapat dikatakan bahwa anggota sudah cukup puas

Subjek

CONSUMER SATISFACTION
 

Katalog

USULAN PERBAIKAN PROGRAM CUSTOMER RETENTION INDOSAT COMMUNITY BERDASARKAN PENGUKURAN KEPUASAN ANGGOTA DENGAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX(CSI) DI BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANNITA CECARIA
Perorangan
ENDANG CHUMAIDIYAH, WISHNU SUBEKTI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini