DESAIN PROSESS BISNIS POLITEKNIK TELKOM MENGGUNAKAN METODE BUSINESS PROCESS REENGINEERING (BPR)

AFFFATUL AZIZAH

Informasi Dasar

112020041
338.761
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Politeknik Telkom adalah salah satu perguruan tinggi di bidang information & communication technology (ICT) dengan visi “Menjadi Salah Satu Politeknik ICT Terbaik di Asia Tenggara”. Setelah dilakukan penelitian awal, diketahui bahwa kinerja Politeknik Telkom masih rendah. Hal ini, salah satunya dipengaruhi oleh rendahnya efisiensi dan efektifitas proses bisnis yang ada. Sehingga perlu dilakukan perbaikan pada proses bisnis Politeknik Telkom. Metode yang digunakan adalah reengineering dengan pendekatan Rapid Re. Pendekatan Rapid Re meliputi lima tahap, yaitu: persiapan, identifikasi, visi, pemecahan (rancangan teknis dan rancangan sosial), dan transformasi.
Dari penelitian ini diketahui bahwa kinerja Politeknik Telkom sebesar 117,788 dari skala 400 dengan tingkat pencapaian 29,45%. Hasil desain proses bisnis adalah proses bisnis Politeknik Telkom yang efisien. Pada desain ini terdapat sebuah proses baru, yaitu PPM yang terintegrasi pada proses pembelajaran. Desain tersebut mengakibatkan adanya perubahan struktur organisasi Politeknik Telkom, yaitu Bagian Perpustakaan dan PPM dipecah menjadi Bagian Perpustakaan dan Bagian PPM. Setelah dilakukan reengineering akan terjadi peningkatan kinerja Politeknik Telkom seberar 76,59%.
Untuk keberhasilan perbaikan tersebut diperlukan adanya komitmen penuh dari pimpinan puncak perusahaan, dukungan dan partisipasi seluruh karyawan dan pihak-pihak yang terkait, serta hubungan kerjasama yang baik dengan perusahaan ICT.
BPR, Reengineering, Rapid Re, Proses Bisnis

Subjek

BUSINESS
 

Katalog

DESAIN PROSESS BISNIS POLITEKNIK TELKOM MENGGUNAKAN METODE BUSINESS PROCESS REENGINEERING (BPR)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AFFFATUL AZIZAH
Perorangan
SRI WIDANINGRUM, A. T. HANURANTO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini