PERANCANGAN SISTEM INFORMASI OUTLET MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS WEB APPLICATION PROGRAMMING (Studi Kasus : PT Telkomsel Regional Jabotabek Departemen Channel Management Divisi Dealer Management)

YULISAR GANDA PUTRA

Informasi Dasar

112020005
005.36
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Telkomsel sebagai operator selular di Indonesia sedang berkonsentrasi jaringan telekomunikasinya dan juga mempersiapkan jaringan distribusi produk-produknya. Dalam mempersiapkan jaringan distribusinya dilakukan pendataan dan pembinaan terhadap outlet-outletnya yang disebut OMO (Own Manage Outlet) serta BO (Branch Office) yang merupakan kantor cabang dari dealer. Saat ini Telkomsel dalam melakukan pendataan outletnya masih dilakukan secara semi manual dengan bantuan perangkat lunak Excel, yang menyebabkan kendala dalam hal kecepatan penelusuran dan pengolahan data. Oleh karena itu dalam tugas akhir ini penulis mencoba merancang suatu basis data yang berhubungan dengan akses rutin menyangkut data OMO dan BO dan merancang interface yang menunjang untuk input, maintenance dan update data OMO dan BO serta mendapatkan informasi dan mengolah nilai KPI (Key Performance Indicator) dari mitra dealer (Authorized Dealer) dengan kemudahan diakses secara online, cepat, tepat, akurat, dan keamanan data terjamin.
Dalam membuat Sistem Informasi “Outlet Management System”, ada beberapa hal yang dilakukan dalam pemecahan masalah diatas yang secara garis besar terbagi ke dalam beberapa tahapan antara lain tahap perumusan masalah dan penentuan tujuan penelitian, studi pustaka dan studi objek penelitian, identifikasi kebutuhan informasi dan pengumpulan data, analisis kebutuhan sistem, perancangan sistem, pengembangan perangkat lunak, dan tahap analisis serta kesimpulan dan saran.
Data primer pada perancangan sistem informasi ini diperoleh dari hasil wawancara, baik itu menyangkut kendala pada sistem lama maupun kebutuhan informasi terhadap sistem baru. Data sekunder didapat dengan mengumpulkan dokumen yang terdapat pada tempat studi kasus. Pada pengembangan perangkat lunak, aplikasi menggunakan bahasa pemograman PHP (Personal Home Page) yang didukung database MySQL. Dengan kehandalan perangkat lunak dan aplikasi sistem informasi, kebutuhan user terutama dalam hal kebutuhan informasi yang cepat, tepat, akurat, dan keamanan data, dapat terpenuhi.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan, sistem informasi “Outlet Management System” dapat digunakan untuk mengolah data yang menyangkut OMO, BO, dan mitra AD dan memberikan kemudahan dalam menjalankan proses yang terjadi antar user, dengan kemampuan dapat diakses secara online melalui jaringan intranet maupun internet. Sistem Informasi berbasis web, outlet management

Subjek

INFORMATION SYSTEM
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI OUTLET MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS WEB APPLICATION PROGRAMMING (Studi Kasus : PT Telkomsel Regional Jabotabek Departemen Channel Management Divisi Dealer Management)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YULISAR GANDA PUTRA
Perorangan
BUDI SULISTYO, MUTAHARTAWATY
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini