KONVERSI SUARA MENGGUNAKAN METODE HIDDEN MARKOV MODEL (HMM) BERBASIS KONVERSI KOEFISIEN CEPSTRAL

MEISI ASTRIA HOTMAHITA GULTOM

Informasi Dasar

111100101
006.454
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada dubber anak-anak, sering terjadi masalah dalam proses perekaman suara. Masalah yang sering terjadi umumnya adalah sulit menemukan mood yang baik bagi anak-anak, jumlah anak-anak yang terbatas untuk mengisi suara dan lain sebagainya sehingga masih sering terjadi ketidaksesuaian terhadap hasil yang diharapkan. Salah satu teknik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan Voice Conversion.
Bagian terpenting pada proses Voice Conversionadalah bagaimana memodelkan sinyal target agar bisa ditiru oleh sinyal sumber. Pada penelitian sebelumnya digunakan metode pemodelan Gaussian Mixture Model (GMM) [10]. Pada penelitian tersebut pemodelan GMM bisa digunakan untuk mengimplementasikan fungsi konversi dan sinyal hasil konversi yang dihasilkan terdengar natural. Oleh karena itu, dalam penelitian ini digunakan metode Hidden Markov Model (HMM) karena dibutuhkan suatu metode pemodelan untuk sinyal yang memiliki karakteristik dinamis.
Didapatkan parameter HMM yang paling optimal adalah dengan menggunakan 4 statedari logaritma peluang pemodelan yang dihasilkan. Peningkatan hasil RMSE cepstral dari sinyal sebelum dikonversi dan sinyal setelah dikonversi yang tertinggi yaitu sebesar 32,35% dan rata-rata sebesar 25,84% yang didapat dari 400 data sinyal input.Pengujian MOS memiliki nilai rata-rata 2,51dari segi kemiripan sedangkan dari segi kualitas memiliki nilai rata-rata 2,81yang diperoleh dari 30 responden.
Cepstral Analysis, HMM, Voice Conversion, RMSE

Subjek

SPEECH RECOGNITION
 

Katalog

KONVERSI SUARA MENGGUNAKAN METODE HIDDEN MARKOV MODEL (HMM) BERBASIS KONVERSI KOEFISIEN CEPSTRAL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MEISI ASTRIA HOTMAHITA GULTOM
Perorangan
Bambang Hidayat, Inung Wijayanto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini