KOMUNIKASI ORGANISASI PADA BADAN EKSEKUTIF SISWA TELADAN (STUDI KASUS DI SEKOLAH DASAR ISLAM AL AMANAH BANDUNG)

SYEFTIANI NURFADHILLAH

Informasi Dasar

17.04.820
302.207 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Badan Eksekutif Siswa Teladan (BEST) merupakan program keorganisasian yang diselenggarakan oleh SD Islam Al Amanah yang bertempat di Jl. Raya Cinunuk no. 186 Cileunyi, Bandung. Kegiatan diluar jam pelajaran ini dilaksanakan sebagai upaya yang dilakukan lembaga pendidikan dalam menunjang peningkatan kualitas kemampuan intelektual dan sikap, serta memberikan pengalaman kognitif kepada peserta didik. Kemudian siswa Sekolah Dasar yang masih duduk di bangku kelas empat dan lima SD ini sudah dihadapkan dengan berbagai perbedaan dan masalah yang mereka hadapi dalam organisasi. Hal tersebut membuat anggota dari BEST menjadi insan yang unik, dikarenakan telah mampu mengembangkan dan mengaktualisasikan diri hingga mencapai taraf optimal melalui kegiatan organisasi yang mereka ikuti.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif melalui pendekatan studi kasus. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui komunikasi organisasi yang terjadi dalam BEST yang terdiri dari penjabaran proses, pesan, serta keadaan saling tergantung dalam organisasi.

Berdasarkan hasil pengelolaan data, maka dapat diketahui bahwa komunikasi organisasi yang terjadi dalam BEST belangsung dan bergerak secara sistematis namun tetap dinamis dari pembina kepada anggota organisasi termasuk ketika anggota menangani suatu masalah. Kemudian selama menjalankan aktivitas organisasi, BEST kental akan penanaman nilai-nilai yang ditanamkan, sehingga anggota mampu mentransformasikan nilai tersebut menjadi pembiasaan diri yang berujung pada tercapainya tujuan dari organisasi. Selain itu, ketercapaiann tujuan tersebut pada akhirnya mampu menciptakan kestabilan dalam ruang lingkup organisasi dan sekolah.

Kata kunci: Komunikasi Organisasi, Badan Eksekutif Siswa Teladan, Sekolah Dasar.

Subjek

COMMUNICATION ORGANIZATION
 

Katalog

KOMUNIKASI ORGANISASI PADA BADAN EKSEKUTIF SISWA TELADAN (STUDI KASUS DI SEKOLAH DASAR ISLAM AL AMANAH BANDUNG)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SYEFTIANI NURFADHILLAH
Perorangan
RITA DESTIWATI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • CBH4K6 - SKRIPSI
  • CBH4K6 - SKRIPSI
  • KII4P4 - SKRIPSI
  • KHI4J4 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini