ANALISIS POSITIONING ATRIBUT PRODUK COSMETIC LOKAL BERLABEL HALAL BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN DI KOTA BANDUNG MENGGUNAKAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING ( Studi pada Wardah Cosmetics, La Tulipe, Zoya Cosmetics, dan Sari Ayu )

DINA AULIA

Informasi Dasar

17.04.312
650
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Industri kosmetik saat ini mengalami pekembangan yang sangat pesat sehingga keadaan ini menimbulkan persaingan yang sangat ketat. Dengan berkembang pesatnya industri kosmetik di Indonesia maka inovasi produk kosmetik dilakukan oleh produsen untuk memperoleh kepercayaan konsumen terhadap produk seiring banyak beredarnya kosmetik di Indonesia. Hal inilah yang menjadikan atmosfer persaingan dalam industri kosmetik halal menjadi semakin kuat. Untuk menanggapi persaingan bisnis kosmetik yang semakin kompetitif maka aspek positioning produk merupakan suatu hal yang perlu mendapat perhatian yang lebih serius. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui positioning empat merek cosmetic lokal berlabel halal yang terkenal yaitu, Wardah Cosmetics, La Tulipe, Zoya Cosmetics, dan Sari Ayu berdasarkan persepsi konsumen di kota Bandung. Persepsi konsumen ini diukur dengan sembilan atribut yang diantaranya, harga, merek, trend, kemasan, tekstur, keseuaian dengan jenis kulit, komposisi, inovasi, dan mutu bahan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner online maupun offline kepada pengguna cosmetic yang berada di sekitaran Bandung dengan sampel sebanyak 385 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan metode Multidimensional Scaling, Analisis ini memberikan gambaran positioning dari atribut produk cosmetic yang ditampilkan dalam sebuah perceptual map. Model ini dapat diterima apabila RSQ ? 0,6. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peta positioning produk cosmetic lokal berlabel halal merupakan hasil penelitian berdasarkan atribut merek, trend, kemasan, tekstur, kesesuaian dengan jenis kulit, komposisi, inovasi, dan mutu bahan. Wardah Cosmetics menjadi merek cosmetic lokal berlabel halal yang paling tinggi peringkatnya, lalu diikuti oleh Sari Ayu yang berada diperingkat kedua, selanjutnya La Tulipe sebagai produk cosmetic yang berada diperingkat ketiga dan yang terakhir adalah Zoya Cosmetics.

Kata kunci: Positioning, Persepsi, Multidimensional Scaling, Perceptual Map.

Subjek

MARKETING
 

Katalog

ANALISIS POSITIONING ATRIBUT PRODUK COSMETIC LOKAL BERLABEL HALAL BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN DI KOTA BANDUNG MENGGUNAKAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING ( Studi pada Wardah Cosmetics, La Tulipe, Zoya Cosmetics, dan Sari Ayu )
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DINA AULIA
Perorangan
R. NURAFNI RUBIYANTI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Administrasi Bisnis
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini