Desain Arsitektur Software Berdasarkan Goal pada Kualitas Informasi Menggunakan Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone dan McLean (Studi Kasus : Open Library Telkom University)

DEA GREEN AYUNDA WIJAYA

Informasi Dasar

16.04.2474
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Open Library yaitu sebuah proyek, perangkat lunak terbuka, data terbuka, dokumentasi terbuka, dan mereka menerima kontribusi dari siapa pun. Apakah anda memperbaiki kesalahan ketik, tambahkan buku dan lain-lain. Open Library dirancang untuk membantu civitas akademika untuk memperoleh informasi lebih mudah. Mahasiswa dapat dengan mudah untuk mengakses Open Library yang berbasis web dimanapun dan kapan pun. Open Library masih menghadapi kendala dalam mencari sumber informasi yang diinginkan pada open library. Informasi yang diperoleh tidak mudah dimengerti dan informasi yang diterima tidak tepat waktu. Hal ini sangat berpengaruh apakah informasi tersebut berkualitas atau tidak. Meskipun sering ditemukan kendala, penggunaan Open Library ini dirasakan sangat penting dalam kegiatan akademik. Hal ini sangat berpengaruh apakah informasi tersebut berkualitas atau tidak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan kualitas informasi dengan menguji menggunakan Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone dan McLean pada sistem informasi Open Library Telkom University. Variabel yang diteliti terdiri dari 4 variabel yaitu : kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan dan kepuasan pengguna. Objek dari penelitian ini adalah sistem informasi Open Library yang digunakan di Telkom University. Dan subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa Telkom University. Penelitian mengaplikasikan teori yang dikemukakan oleh DeLone dan McLean tentang kesuksesan sistem informasi. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidential sampling yaitu sampel yang secara kebetulan ada di perpustakaan. Pengumpulan data dilakukan untuk mendapatkan goal yang didesain menggunakan GOSA (Goal Oriented Software Architecture). Dalam penetapan goal digunakan framework NFR pada GORE (Goal Oriented Requirement Engineering). Desain arsitektur dievaluasi dengan Architecture Tradeoff Analysis Method (ATAM). Hasil dari penelitian ini yaitu memberikan rekomendasi perbaikan untuk kualitas informasi Open Library selaras dengan kepuasan pengguna.

Kata Kunci : DeLone dan McLean, Kualitas Informasi, GORE, GOSA, NFR, ATAM

Subjek

INFORMATICS
 

Katalog

Desain Arsitektur Software Berdasarkan Goal pada Kualitas Informasi Menggunakan Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone dan McLean (Studi Kasus : Open Library Telkom University)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DEA GREEN AYUNDA WIJAYA
Perorangan
Dana Sulistyo Kusumo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini