Analisis Faktor-Faktor Minat Konsumen Menggunakan Aplikasi Go-jek

ANDRY REDIMA KURNIAWAN

Informasi Dasar

16.04.2109
658.834 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sejalan dengan pertumbuhan jumlah pengguna internet baik di dunia ataupun di Indonesia, internet berpengaruh terhadap berbagai sektor salah satunya pertumbuhan sektor ekonomi berbasis digital. Pertumbuhan bisnis e-commerce terus bertumbuh bahkan pada tahun 2015 potensi belanjanya mencapai angka 2,6 milliar dollar Amerika. Salah satu perusahaan di Indonesia yang memanfaatkan potensi belanja online adalah perusahaan Go-jek. Aplikasi Go-jek sukses menarik perhatian masyarakat terbukti dalam waktu kurang dari 1 tahun sudah berhasil meraih 2 juta pengguna. Kesuksesan Go-jek dalam meraih simpati konsumen menimbulkan pertanyaan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat konsumen dalam menggunakan suatu teknologi. Terkait dengan hal tersebut, perlu dilakukan penelitian tentang faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi niat konsumen dalam menggunakan aplikasi Go-jek .

Melalui penelitian ini akan dilakukan pengukuran penilaian konsumen terhadap variabel Performance Expectancy Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Conditions, Hedonic Motivation, Price Value, Habit, dan Behavioral Intention. Penelitian ini juga mengevaluasi pengaruh variabel Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Conditions, Hedonic Motivation, Price Value, dan Habit terhadap Behavioral Intention. Selain itu, penelitian ini melihat adanya pengaruh moderasi dari variabel Age dan Gender.

Metode pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner secara online kepada 385 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling dan penelitian ini menggunakan metode analisis data SEM dengan PLS.

Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat diketahui bahwa penilaian pelanggan terhadap variabel Performance Expectancy, Effort Expectancy, Facilitating Conditions, berada pada kategori sangat baik. Sedangkan variabel Social Influence, Hedonic Motivation, Price Value, Habit, dan Behavioral Intention berada pada kategori baik. Lalu berdasarkan pengaruhnya, diperoleh hasil bahwa Performance Expectancy, Price Value, Hedonic Motivation, dan Habit berpengaruh signifikan terhadap Behavioral Intention. Sedangkan Facilitating Conditions, Effort Expectancy dan Social Influence tidak berpengaruh signifikan terhadap Behavioral Intention.

Berdasarkan hasil penelitian, maka untuk meningkatkan niat konsumen dalam menggunakan aplikasi Go-jek, Perusahaan Go-jek harus melakukan inovasi yang menarik yang menjaga konsumen Go-jek tetap setia dan terbiasa untuk selalu menggunakan aplikasi khususnya aplikasi Go-jek. Perusahaan dapat membuat promo tematik untuk setiap hari yang berbeda dalam 1 minggu secara rutin sehingga konsumen dapat terpancing untuk terbiasa menggunakan aplikasi Go-jek setiap harinya.

Kata kunci: Niat Perilaku, Go-jek, UTAUT 2

Subjek

CONSUMER PSYCHOLOGY
 

Katalog

Analisis Faktor-Faktor Minat Konsumen Menggunakan Aplikasi Go-jek
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANDRY REDIMA KURNIAWAN
Perorangan
Indrawati, Tjahjono Djatmiko
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini