Pengaruh Profitabilitas, Kepemilikan Manajerial, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015)

LARINKA PUTRI YUSRILANDARI

Informasi Dasar

16.04.2078
657.072
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Adanya praktik manajemen laba yang dilakukan oleh PT Akasha Wira Internasional (ADES) dalam menaikkan laba tahun 2013 dikarenakan terjadinya penurunan penjualan selama tahun tersebut bertujuan untuk menarik investor agar terlihat pertumbuhan perusahaan tersebut positif menarik peneliti untuk meneliti masalah tersebut. Pengaruh profitabilitas, kepemilikan manajerial, dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba masih menunjukkan hasil yang beragam maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, kepemilikan manajerial, dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa efek Indonesia pada tahun 2012-2015. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2012-2015. Sampel yang dipilih berdasarkan purposive sampling sebanyak 12 perusahaan. Data yang dikumpulkan merupakan data sekunder dengan teknik dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan analisis data regresi data panel, yang merupakan gabungan dari data time series dan cross section. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, 2) Kepemilikan manajerial tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, 3) Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Profitabilitas, kepemilikan manajerial dan ukuran perusahaan secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Kata Kunci: Profitabilitas, Kepemilikan Manajerial, Ukuran Perusahaan Manajemen Laba

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

Pengaruh Profitabilitas, Kepemilikan Manajerial, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LARINKA PUTRI YUSRILANDARI
Perorangan
DINI WAHJOE HAPSARI, DEWA P.K MAHARDIKA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini