PENERAPAN SISTEM ERP AKTIVITAS PEMBELIAN BERBASIS ODOO DENGAN METODE SPIRAL (Studi Kasus pada PT. Progressio Indonesia)

SHELVIA ARDIAN PERDANA

Informasi Dasar

16.04.1963
620.007
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan suatu konsep untuk mengintegrasikan suatu data, informasi dan proses bisnis pada sebuah perusahaan. Konsep dari ERP dapat diterapkan atau diimplementasikan dalam sebuah software karena ERP merupakan core software yang digunakan perusahaan untuk mengkoordinasi informasi pada setiap area bisnis. Penerapan sistem ERP dilakukan di PT Progressio Indonesia karena perusahaan mengalami permasalahan-permasalahan terkait bagian pembelian dan integrasi antar tiap bagian yang ada pada perusahaan seperti kesalahan dalam pendataan pembelian barang, tidak ada catatan baku dalam laporan analisis pembelian, pembuatan dan pendokumentasian alur proses pembelian sampai barang diterima dan dikirim ke gudang tidak terorganisir.

Penelitian ini menggunakan metode spiral karena pengembangannya dapat digunakan dalam skala apapun dan mudah dipelajari serta mudah untuk diimplementasikan dibandingkan dengan metode lain. Pada metode spiral ada empat tahap yang dilakukan yaitu preparation, conception, realization dan go live. Pada penelitian ini software yang digunakan untuk implementasi konsep ERP yaitu software Odoo, sebuah perangkat lunak yang bersifat open source sehingga mudah dan tidak membutuhkan biaya yang besar untuk diterapkan pada perusahaan mikro kecil menengah.

Dengan menggunakan metode spiral tahapan yang dilakukan pada penelitian ini yaitu dengan menentukan perumusan masalah, penetapan tujuan, analisis proses bisnis saat ini, analisis proses bisnis Odoo, analisis gap fit dan risiko. Analisis ini digunakan untuk penyesuaian proses bisnis target dengan kondisi perusahaan. Sehingga menghasilkan pemecahan masalah yaitu pada bagian pembelian agar dapat terhubung dengan bagian manufacture, sales, dan warehouse. Pada bagian pembelian catatan pembelian dari pemasok dapat terpantau dan terdokumentasi dengan baik dan dapat menghasilkan laporan pembelian yang akurat dan real time. Kata kunci: ERP, odoo, pembelian, make to order, metode spiral

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
 

Katalog

PENERAPAN SISTEM ERP AKTIVITAS PEMBELIAN BERBASIS ODOO DENGAN METODE SPIRAL (Studi Kasus pada PT. Progressio Indonesia)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SHELVIA ARDIAN PERDANA
Perorangan
M. TEGUH KURNIAWAN, R. WAHJOE WITJAKSONO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

  • IEG4Q3 - ERP PRODUKSI DAN LOGISTIK
  • ISG4C4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini