PENGARUH KARAKTERISTIK WIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA (STUDI PADA MAHASISWA HIMPUNAN PENGUSAHA MUDA INDONESIA PERGURUAN TINGGI UNIVERSITAS TELKOM)

JOHAN CORNELIUS SIREGAR

Informasi Dasar

16.04.1897
658.421
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Meningkatnya angka penduduk di Indonesia pada era globalisasi dan industrialisasi saat ini menimbulkan dampak pada kondisi perekonomian bangsa salah satu penyebabnya adalah angka pengangguran. Oleh karena itu wirausaha merupakan salah satu untuk mengurangi pengangguran dikarenakan seorang wirausaha dapat menyerap tenaga kerja serta mengurangi pengangguran. Saat ini dalam memunculkan sosok entrepreneur muda dimulai dengan beberapa strategi yang dilakukan oleh kalangan akademisi yang bertujuan untuk menarik mahasiswa untuk berwirausaha, salah satunya adalah HIPMI PT Universitas Telkom. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui karakteristik yang dimiiki mahasiswa yang tergabung dalam HIPMI PT Universitas Telkom, (2) Mengetahui seberapa besar tingkat karakteristik pada mahasiswa yang tergabung dalam HIPMI PT Universitas Telkom dan (3) Mengetahui besar pengaruh karakteristik wirausaha terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa yang tergabung dalam HIPMI PT Universitas Telkom. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 47 orang responden yang memiliki usaha, memiki omset dan merupakan anggota HIPMI PT Universitas Telkom. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi sederhana dengan uji t untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama antara variabel yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi sederhana Y=24,08 + 0,440 X , Berdasarkan hasil pengujian uji t dengan tingkat signifikansi sebesar 0,001 hasil uji t didapat thitung 3,505 lebih besar dari ttabel 2,014. Pada Koefisien determinasi menunjukkan bahwa nilai R2 sebesar 0,215. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa karakteristik wirausaha berpengaruh sebesar 21,5% terhadap minat berwirausaha, sedangkan 78,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Saran dari penelitian ini agar mempertahankan tingkat karakteristik yang ada, dan meningkatkan pelatihan, seminar ataupun kegiatan wirausaha di kalangan anggota HIPMI PT Universitas Telkom.

Kata Kunci: Karakteristik Wirausaha, Minat Berwirausaha, HIPMI PT

Subjek

ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

PENGARUH KARAKTERISTIK WIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA (STUDI PADA MAHASISWA HIMPUNAN PENGUSAHA MUDA INDONESIA PERGURUAN TINGGI UNIVERSITAS TELKOM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JOHAN CORNELIUS SIREGAR
Perorangan
Lia Yuldianawati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini