PENERAPAN SISTEM ERP SALES MANAGEMENT MENGGUNAKAN ODOO PADA PERUSAHAAN TEKSTIL DENGAN METODE ACCELERATED SAP (STUDI KASUS PT. SAMPOERNA JAYA SENTOSA)

ROBBY PANGESTU

Informasi Dasar

16.04.1768
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Sampoerna Jaya Sentosa (PT. SJS) merupakan perusahaan manufaktur yang berfokus dibidang tekstil. Dalam menjalankan kegiatan penjualannya, PT. SJS memiliki kendala dalam proses pengiriman barang dimana jumlah barang yang dikirim terkadang masih terdapat selisih dengan pesanan yang diminta oleh customer. Hal ini terjadi karena PT. SJS masih melakukan proses penjualan dan pengirimannya secara semi-manual dan belum adanya integrasi antar bagian terkait pada kegiatan penjualan yang berakibat proses penjualan dan laporan penjualan pun belum dapat diakses secara real-time. Solusi yang tepat untuk permasalahan yang sedang dihadapi yaitu dengan menerapkan sistem ERP pada PT. SJS sehingga setiap data dan proses dapat diakses secara real-time dan terintegrasi antar setiap bagian yang terdapat pada perusahaan.

Odoo merupakan salah satu aplikasi ERP open source yang menyediakan solusi kegiatan penjualan yaitu sistem sales management secara praktis, mudah digunakan, mudah beradaptasi terhadap kebutuhan perusahaan dan fitur – fitur yang dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Metode ASAP (Accelerated SAP) dipilih berdasarkan oleh tingkat efesiensi waktu serta minimnya biaya yang dikeluarkan dibandingkan dengan metode lainnya.

Penerapan sistem ERP sales management menghasilkan pencatatan pemesanan customer yang terdokumentasi pada sales order, sales report yang terbentuk berdasarkan sales order yang dapat diakses secara real time, dan terciptanya integrasi dengan bagian pembelian dan bagian produksi terkait data dan informasi pelaksanaan proses yang ada pada PT. SJS.

Kata kunci: ERP (Enterprise Resource Planning), Odoo, Sales Mangement, Metode ASAP

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
 

Katalog

PENERAPAN SISTEM ERP SALES MANAGEMENT MENGGUNAKAN ODOO PADA PERUSAHAAN TEKSTIL DENGAN METODE ACCELERATED SAP (STUDI KASUS PT. SAMPOERNA JAYA SENTOSA)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ROBBY PANGESTU
Perorangan
R. WAHJOE WITJAKSONO, NIA AMBARSARI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini