ANALISIS DAN PERANCANGAN TATA KELOLA TI MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 4.1 DOMAIN DELIVER AND SUPPORT (DS) DAN MONITOR AND EVALUATE (ME) : STUDI KASUS PT BIO FARMA (PERSERO)

INAYATUL MAGHFIROH

Informasi Dasar

16.04.1737
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tata Kelola TI melengkapi keberadaan TI itu sendiri dengan tujuan agar implementasi TI dapat memberikan kontribusi nilai bagi bisnis dan mengurangi risiko TI. Tata Kelola TI merupakan sebuah landasan kerja yang dapat mengukur bagaimana penggunaan dan pemanfaatan TI dengan melihat bagaimana tujuan dan sasaran bisnis perusahaan. Penelitian ini menggunakan COBIT (Control Objective for Information and Related Technology) dalam melakukan analisis dan perancangannya. Tahap pertama pada penelitian ini yaitu dengan melakukan assessment maturity level untuk mengetahui tingkat kematangan TI PT Bio Farma (Persero) Domain Deliver and Support (DS) dan Monitor and Evaluate (ME). Kemudian dilakukan analisis prioritas dengan memetakan sasaran perusahaan dengan business goals, IT goals, dan IT Process pada COBIT 4.1. Proses yang dihasilkan dari analisis prioritas kemudian dilakukan analisis kondisi saat ini yang mencangkup analisis gap dan analisis risiko. Hasil dari penelitian memperlihatkan bahwa proses kritikal yang harus dilakukan perancangan yaitu proses DS1, DS4, DS6, DS13 dan ME4. Perancangan yang dihasilkan berupa kebijakan dan prosedur atas proses-proses yang kritikal.

Kata Kunci: Tata Kelola TI, COBIT 4.1, Maturity Level, Deliver and Support, Monitor and Evaluate

Subjek

In-house work training
 

Katalog

ANALISIS DAN PERANCANGAN TATA KELOLA TI MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 4.1 DOMAIN DELIVER AND SUPPORT (DS) DAN MONITOR AND EVALUATE (ME) : STUDI KASUS PT BIO FARMA (PERSERO)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

INAYATUL MAGHFIROH
Perorangan
MURAHARTAWATY, RAHMAT MULYANA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

  • ISH4C3 - TATA KELOLA DAN MANAJEMEN TEKNOLOGI INFORMASI
  • ISI4D3 - TATA KELOLA DAN MANAJEMEN TEKNOLOGI INFORMASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini