PENGARUH ARUS KAS OPERASI, ARUS KAS INVESTASI DAN ARUS KAS PENDANAAN TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Properti dan Real Estate (Go Public) yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2009-2014)

RAHMIYATUS SYUKRA

Informasi Dasar

16.04.1592
657.072
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Banyaknya masyarakat memulai untuk berbisnis dibidang investasi seperti saham membuat mereka ingin mengetahui indikator apa saja yang tepat untuk menunjukan sebuah perusahaan layak untuk mendapatkan investasi dari mereka dan menguntungkan bagi mereka. Hal ini juga membuat para pengusaha berlomba-lomba menyediakan informasi yang berguna dan lengkap tentang perusahaan mereka, mulai dari menyediakan laporan keuangan sampai dengan membuat annual report perusahaan setiap tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang dianggap mempengaruhi harga saham. Diantaranya adalah pada laporan arus kas yaitu arus kas operasi, arus kas investasi dan arus kas pendanaan. Tinjauan pustaka yang digunakan adalah signaling theory, laporan arus kas, arus kas dari akivitas operasi, arus kas dari aktivitas investasi dan arus kas dari aktivitas pendanaan serta saham perusahaan. Populasi dari penelitian ini adalah annual report perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di BEI periode 2009 sampai 2014. Teknik pemilihan sampel adalah purpossive sampling dan diperoleh 27 perusahaan yang disertakan dengan kurun waktu 6 tahun sehingga didapak 162 sampel yang diobservasi. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 8.0 Hasil penelitian menunjukan bahwa arus kas operasi, arus kas investasi dan arus kas pendanaan secara simultan berpengaruh terhadap harga saham, sedangkan secara parsial arus kas pendanaan tidak berpengaruh terhadap harga saham sedangkan arus kas operasi dan arus kas investasi berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham. Perusahaan diharapkan bisa memaksimalkan pelaporan keuangan terutama pada pelaporan arus kasnya, dimana sebagian annual report perusahaan banyak yang tidak terlalu menjelaskan alur dari kas masuk dan kas keluar perusahaan padahal itu bisa berguna bagi investor.

Kata kunci : Harga Saham, Laporan Arus Kas Operasi, Arus Kas Investasi, dan Arus Kas Pendanaan.

Subjek

FINANCIAL REPORTS-ANALYSIS
 

Katalog

PENGARUH ARUS KAS OPERASI, ARUS KAS INVESTASI DAN ARUS KAS PENDANAAN TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Properti dan Real Estate (Go Public) yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2009-2014)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAHMIYATUS SYUKRA
Perorangan
WILLY SRI YULIANDARI, DEWA P.K. MAHARDIKA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini