Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kualitas Informasi dan Dampaknya Terhadap Nilai dan Loyalty Intentions

PUPON ARTIONO

Informasi Dasar

16.05.037
658.872
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Pertumbuhan pengguna internet di dunia sangat pesat juga mendorong pertumbuhan bisnis e-commerce. Dalam 5 tahun terakhir pertumbuhan e-commerce didominasi negara-negara Asia dengan pertumbuhan terbesar di China, India dan Indonesia. Dengan semakin berkembangnya pengguna internet dan e-commerce maka peranan website sangatlah penting untuk menunjang kegiatan bisnis. Perusahaan e-commerce harus menyadari bahwa penentu utama keberhasilan bukan sekedar memiliki website dan memberikan harga barang yang rendah, tetapi memberikan layanan website e-commerce yang berkualitas.

Obyek study dalam penelitian ini adalah website Blanja.com yang merupakan website e-commerce yang merupakan kerjasama antara Telkom dan Ebay. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas website terhadap kualitas informasi yang diberikan, nilai-nilai yang dirasakan (value) serta niat pelanggan untuk loyal (loyalty intentions) terhadap website e-commerce. Pendekatan teori yang digunakan adalah menggunakan metode Webqualtm dimana variabel kualitas website terdiri dari Interactivity, Online Completeness, Easy of Use, Entertainment dan Trust. Analisis data dilakukan dengan metode Structural Equation Modeling untuk menunjukkan tingkat signifikansi antar variabel. Populasi yang menjadi obyek penelitian ini adalah pengunjung website Blanja.com baik yang pernah melakukan transaksi pembelian maupun hanya sekedar melakukan kunjungan tanpa pembelian (window shopping)

Setelah dilakukan survei terhadap 410 responden, maka dari hasil pengolahan data didapatkan hasil bahwa keseluruhan variabel kualitas website berpengaruh signifikan terhadap kualitas informasi. Kualitas informasi berpengaruh signifikan terhadap nilai yang dirasakan (value), dan value berpengaruh signifikan terhadap loyalty intentions. Sedangkan model yang digunakan dalam penelitian ini bisa digunakan untuk memprediksi pengaruh kualitas website terhadap kualitas informasi. Dari analisis deskriptif diketahui bahwa online completeness memiliki prosentase paling rendah, sehingga harus ditingkatkan dengan menyediakan kebutuhan barang yang lebih beragam. Untuk variabel yang berpengaruh paling signifikan adalah entertainment, sehingga faktor tampilan visual website merupakan hal paling penting yang perlu ditingkatkan dalam bisnis e-commerce.

Subjek

E-COMMERCE
 

Katalog

Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kualitas Informasi dan Dampaknya Terhadap Nilai dan Loyalty Intentions
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PUPON ARTIONO
Perorangan
Maya Ariyanti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini