PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS, PERCEIVED EASE OF USE, DAN TRUST TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI PADA GOJEK BANDUNG)

IRFAN MUFLIHHADI

Informasi Dasar

16.04.983
658.834 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Seiring perkembangan zaman yang semakin maju serta pertumbuhan teknologi pengguna internet yang semakin pesat maka tidak perlu lagi menghabiskan waktu dan tenaga untuk mencari transportasi umum, karena Gojek ini menawarkan reservasi secara online melalui aplikasi pada smartphone sehingga memudahkan pengguna dalam melakukan transaksinya.

Technology Acceptance Model (TAM) ini menempatkan dua variabel yaitu Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use. Adapun tambahan variabel dalam penelitian ini adalah variabel Trust. Model ini digunakan untuk menjelaskan faktor-faktor dari perilaku pengguna terhadap penerimaan penggunaan teknologi terhadap kepuasan konsumen Gojek Bandung.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Bandung yang pernah menggunakan Gojek. Jumlah responden (sampel) ditentukan dengan menggunakan Rumus Bernoulli, sehingga didapatkan jumlah sample yang telah dibulatkan oleh penulis sebanyak 100 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah insidental sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.

Dari hasil penelitian didapat tanggapan responden mengenai perceived usefulness berada dalam kategori baik yaitu sebesar 82,57%, tanggapan responden mengenai perceived ease of use berada dalam kategori baik sebesar 79,45%, dan trust berada dalam kategori baik sebesar 75,16%. Tanggapan mengenai kepuasan konsumen juga berada dalam kategori baik yaitu sebesar 74,95%.

Secara keseluruhan ketiga variabel bebas (perceived usefulness, perceived ease of use, dan trust) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat (kepuasan konsumen) sebesar 71,9%, sedangkan sisanya 28,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh penulis seperti experiential marketing. .

Kata Kunci: Gojek Bandung, Kepuasan Konsumen, Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Trust

Subjek

CONSUMER SATISFACTION
 

Katalog

PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS, PERCEIVED EASE OF USE, DAN TRUST TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI PADA GOJEK BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IRFAN MUFLIHHADI
Perorangan
Rd. Nurafni Rubiyanti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini