Pengaruh Informasi Akuntansi dalam Laporan Keuangan Perusahaan Terhadap Return Saham pada Sektor Perbankan yang Terdaftar dalam Indeks Infobank15

ARIEF HERBUDI FANAELA

Informasi Dasar

16.04.792
657.072
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam menentukan keputusan investasi di pasar modal, investor akan melihat laporan keuangan perusahaan sebagai dasar mengambil keputusan. Laporan keuangan akan memberikan gambaran tentang aktivitas dan kegiatan operasi perusahaan dalam suatu periode. Laporan keuangan ini berisi informasi akuntansi, yang diantaranya adalah laba bersih, yang digunakan sebagai alat pengukur prestasi perusahaan dalam kegiatannya. Lalu ada laporan arus kas yang digunakan untuk menilai bagaimana perusahaan mengahsilkan kas dan penggunaannya. Ada juga earnings per share yang dapat digunakan untuk mengukur keberhasilan manajemen dalam mensejahterakan para pemegang saham. Beberapa informasi akuntansi ini nantinya akan mempengaruhi keputusan investor dalam berinvestasi, oleh karena itu informasi akuntansi ini akan berhubungan dengan return saham.

Berdasarkan hal tersebut penelitian ini mengangkat lima variabel independen yaitu, perubahan laba bersih, perubahan arus kas operasi, perubahan arus kas investasi, perubahan arus kas pendanaan, dan earnings per share. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan adakah pengaruh dari informasi akuntansi dalam laporan keuangan perusahaan terhadap return saham.

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor perbankan yang terdaftar dalam Indeks Infobank15 selama periode 2013-2015. Sampel yang digunakan ada sebanyak 8 perusahaan yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling selama 5 periode sehingga didapat 40 sampel data yang digunakan untuk observasi. Data dianalisis menggunakan analisis regresi data panel.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel perubahan laba bersih, perubahan arus kas operasi, perubahan arus kas investasi, perubahan arus kas pendanaan, dan earnings per share secara simultan berpengaruh terhadap return saham. Secara parsial, variabel perubahan arus kas investasi dan perubahan arus kas pendanaan berpengaruh signifikan terhadap return saham dengan arah positif. Sedangkan variabel perubahan arus kas operasi berpengaruh signifikan terhadap return saham dengan arah negatif. Sementara variabel perubahan laba bersih dan earnings per share tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham.

Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah bahwa seluruh komponen arus kas berpengaruh terhadap return saham. Maka jika investor ingin membuat keputusan investasi dapat dengan memperhatikan informasi akuntansi yang terdapat dalam laporan arus kas.

Kata Kunci: Laba Bersih, Arus Kas, Earnings Per Share, Return Saham

Subjek

FINANCE
 

Katalog

Pengaruh Informasi Akuntansi dalam Laporan Keuangan Perusahaan Terhadap Return Saham pada Sektor Perbankan yang Terdaftar dalam Indeks Infobank15
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARIEF HERBUDI FANAELA
Perorangan
Farida Titik Kristanti, Vaya Juliana Dillak
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini