APLIKASI IDENTIFIKASI KAMPUS IT TELKOM DAN SISTEM INFORMASI DENGAN AUGMENTED REALITY PADA MOBILE APPLICATION BERBASIS ANDROID DI IT TELKOM

M. Rizal Firdaus

Informasi Dasar

114080042
005.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Semakin berkembangnya teknologi pada saat ini, membuat banyak orang melakukan pengembangan maupun menciptakan penemuan baru dalam teknologi tersebut. Salah satu teknologi yang sedang berkembang saat ini, yakni teknologi Augmented Reality (AR). AR merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua maupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda tersebut dalam waktu nyata. Pemanfaatan AR sudah banyak diaplikasikan di berbagai bidang, seperti di militer, pendidikan, kesehatan, alat transportasi, dan lain sebagainya. Hal ini membuat penulis melakukan pengembangan terhadap teknologi AR.

Di dalam Tugas Akhir ini, dirancang dan dikembangkan teknologi AR dengan system location based system (LBS) dengan memanfaatkan Global Positioning System (GPS). GPS merupakan teknologi yang mampu menentukan posisi di permukaan bumi dengan bantuan sinkronisasi sinyal satelit. Seperti yang telah dijelaskan mengenai AR, maka di dalam Tugas Akhir ini, dirancang sebuah system dalam mengidentifikasi objek. Objek yang diidentifikasi adalah gedung-gedung yang ada di kampus IT Telkom. Sistem yang dibuat ini, akan mengidentifikasi gedung di kampus IT Telkom dengan bantuan GPS. Aplikasi akan mengidentifikasi objek-objek tersebut pada saat kamera diarahkan.

Sistem ini dapat memberikan informasi mengenai objek yang didentifikasi dengan benar. Pengaplikasian sistem ini menggunakan smartphone yang mempunyai operating system Android.

Subjek

ANDROID
 

Katalog

APLIKASI IDENTIFIKASI KAMPUS IT TELKOM DAN SISTEM INFORMASI DENGAN AUGMENTED REALITY PADA MOBILE APPLICATION BERBASIS ANDROID DI IT TELKOM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

M. Rizal Firdaus
Perorangan
ASTRI NOVIANTY ST.,MT ; SURYA MICHRANDI NASUTION ST.,MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini