RANCANG BANGUN SISTEM e-SURAT UNTUK MENDUKUNG KOMUNIKASI, KOORDINASI, DAN ALOKASI SURAT MENYURAT DENGAN OTENTIKASI MENGGUNAKAN DIGITAL SIGNATURE (STUDY KASUS DI KAMPUS IT TELKOM BANDUNG)

Firman Mangaraja Nanda Dolorosa Tarigan

Informasi Dasar

114070092
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK
Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat, seharusnya semakin banyak pula media-media informasi yang tidak menggunakan kertas (paperless) dalam penyampaiannya, salah satunya adalah surat. Surat merupakan media penyampai informasi yang memiliki format penulisan dan prosedur pengiriman yang harus diperhatikan. Surat juga harus memiliki media penyimpanan yang tersusun rapi. Terkadang juga surat merupakan suatu bukti autentik yang harus memiliki tanda pengenal yang sah. Oleh karena itu, dibutuhkanlah suatu sistem aplikasi yang memiliki semua elemen yang terdapat di dalam surat, memiliki format penulisan, memiliki media penyimpanan yang dinamis, dan memiliki tanda pengenal yang sah.
e-surat merupakan suatu aplikasi yang diterapkan di suatu instansi (dalam hal ini kampus IT Telkom, khususnya Fakultas Elektro dan Komunikasi) dan akan memudahkan pihak yang terkait di dalamnya dalam mengelola surat-surat yang akan dikeluarkan instansi tersebut. Dalam penelitian ini digunakan algoritma sidik dijital (Digital Signature) sebagai pelengkap keamanan sistem ini.
Untuk mendukung proses surat-menyurat di kampus IT Telkom Bandung, khususnya di Fakultas Elektro dan Komunikasi, maka penulis membuat aplikasi web yang dapat mendukung proses surat-menyurat tersebut. Dalam perancangannya penulis menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL.
Tugas Akhir ini akan memiliki sistem pengiriman yang berdasarkan hirarki, sehingga memberikan kemudahan dalam mengontrol beredarnya surat. Aplikasi ini juga akan memiliki media penyimpanan yang dinamis yang akan memudahkan user dalam mengakses surat-surat yang telah dikeluarkan serta memilih format surat yang dibutuhkan. Aplikasi ini juga akan memiliki tanda pengenal yang sah (digital signature) dengan menggunakan algoritman RSA, sehingga dapat dijadikan sebagai bukti autentik yang kuat.

Subjek

COMPUTER PRAGRAMMING
 

Katalog

RANCANG BANGUN SISTEM e-SURAT UNTUK MENDUKUNG KOMUNIKASI, KOORDINASI, DAN ALOKASI SURAT MENYURAT DENGAN OTENTIKASI MENGGUNAKAN DIGITAL SIGNATURE (STUDY KASUS DI KAMPUS IT TELKOM BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Firman Mangaraja Nanda Dolorosa Tarigan
Perorangan
Burhanuddin Dirgantara, Ir., MT ; Muhammad Nasrun, SSi., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini