IMPLEMENTASI STEGANOGRAFI UNTUK MENYEMBUNYIKAN GAMBAR DALAM FILE AUDIO MENGGUNAKAN METODE ECHO DATA HIDING

OSTER DWI MERBILYA

Informasi Dasar

114070039
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan dunia teknologi saat ini peranannya sangat penting dalam melakukan pertukaran informasi yang cepat dan akurat, oleh karena itu banyak orang yang memakai fasilitas internet untuk melakukan proses pertukaran informasi, sehingga keamanan data menjadi sangat penting. Steganografi merupakan ilmu atau seni menyembunyikan pesan rahasia (hiding message) sedemikian sehingga keberadaan (eksistensi) pesan tidak terdeteksi oleh indera manusia.

Pada tugas akhir ini, di buat aplikasi steganografi menggunakan metode Echo Data hiding, di mana di lakukan penyisipan pesan ke dalam audio sehingga membentuk echo. Pembuatan aplikasi mengunakan Visual Studio 2010. Aplikasi ini di uji dengan menyembunyikan pesan berupa gambar berformat *.bmp ke dalam audio berformat *.wav. Hasil pengujian menunjukkan pesan berhasil di sisipkan dan di ungkap dengan ukuran file yang sama. Pada pengujian robustness, aplikasi yang di buat tidak robust terhadap perubahan atau manipulasi yang di lakukan terhadap stego-audio berupa resampling, flip atau rotate, dan efek echo. Namun pada aplikasi yang di buat dua dari lima stego-audio yang yang di ujikan robust terhadap perubahan atau manipulasi berupa requantizing.

Pada pengujian objektif nilai PSNR terbesar yang di dapat adalah 24.2874 dB, yang artinya file audio dari hasil proses steganografi memiliki noise. Namun noise yang terdapat pada file audio hasil steganografi tidak terlalu terdengar. Hal ini di buktikan dengan nilai MOS rata-rata di atas 3.5 dan MOS tertinggi sebesar 4.8. Ini menujukan bahwa aplikasi yang di buat dapat menyisipkan pesan atau data rahasia ke dalam audio dengan aman, karena secara subjektif, pesan atau data rahasia yang di sisipkan kurang dapat di rasakan oleh HAS (Human Auditory System).

Subjek

SIGNAL PROCESSING
 

Katalog

IMPLEMENTASI STEGANOGRAFI UNTUK MENYEMBUNYIKAN GAMBAR DALAM FILE AUDIO MENGGUNAKAN METODE ECHO DATA HIDING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

OSTER DWI MERBILYA
Perorangan
R. Rumani M, BcTT., Drs., Ir., MSEE ; Andrew Brian Osmond, ST
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini