PENGARUH IKLAN MELALUI FOODBLOGGER PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN

BAYU ADITYO CAHYO AMRI

Informasi Dasar

16.04.743
658.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kota Bandung dikenal sebagai pusat kuliner menurut ahli pariwisata Andar Danova Goeltom, M.Sc. Bandung sudah dikenal sebagai pusat kuliner nusantara sejak tahun 1941. Untuk meningkatkan penjualan setiap bisnis kuliner setiap pemiliknya harus melakukan pemasaran agar dapat menghadapi persaingan yang ketat. Salah satu cara pemasaran yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan marketing online.

Salah satu media pemasaran online yang digunakan oleh para pemilik restoran dan café di kota Bandung adalah Instagram. Dalam perkembangan teknologi munculah foodblogger. Foodblogger adalah blogger yang mengandalkan materi blognya pada hal di seputar kuliner. Pada awalnya kegiatan tersebut hanya di posting pada halaman blog dan website saja tetapi di era saat ini lebih banyak foodblogger yang melakukan review terhadap restoran maupun café pada media sosial Instagram dengan membuat akun khusus yang memuat informasi tentang beragam kuliner pada restoran dan café yang sudah pernah di review.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sikap terhadap iklan yang terdiri dari personal relevance, interactivity, message dan brand familarity pada iklan melalui akun foodblogger pada media sosial instagram serta keputusan pembelian konsumen pada café dan restoran di Kota Bandung secara simultan dan parsial serta variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pada café dan restoran di Kota Bandung.

Metode pengumpulan data dilalukan dengan penyebaran kuisioner bagi para followers akun foodblogger pada media sosial Instagram ditujukan kepada 384 responden. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dari jenis penelitian kausal. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan uji t dan uji f

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap terhadap iklan yang terdiri dari personal relevance, interactivity, message dan brand familarity secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada café dan restoran di Kota Bandung sebesar 39,3%. Secara parsial seluruh variabel sikap terhadap iklan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada café dan restoran di Kota Bandung. Variabel personal relevance merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pada café dan restoran di Kota Bandung yaitu sebesar 17,1%.

Kata Kunci : Sikap Terhadap Iklan, Keputusan Pembelian, Instagram, Foodblogger

Subjek

MARKETING
 

Katalog

PENGARUH IKLAN MELALUI FOODBLOGGER PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BAYU ADITYO CAHYO AMRI
Perorangan
Adhi Prasetio
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung (Kab.)
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini