PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA GOJEK INDONESIA ( JABODETABEK, BANDUNG, BALI, MAKASSAR, DAN SURABAYA).

YUNI ARTHA SINAGA

Informasi Dasar

16.04.605
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Gojek yaitu layanan ojek online yang membantu semua kalangan masyarakat untuk mengatasi beberapa keluhan yang di hadapi, seperti kemacetan yang terjadi. Layanan yang diberikan Gojek bukan hanya sebatas antar-jemput penumpang, tetapi juga pengantaran barang belanjaan (instant courier/Go-Box), seperti Go-food, Go-transport, Go-Shopping, Go-busway, Go-Massage, Go-Glamb, Go-clean. Adapun pemesanan Gojek bisa dilakukan melalui aplikasi smartphone yang bisa diunduh disitus go-jek.com, Play Store atau App Store. Dalam tampilan aplikasi tersebut kita bisa memilih opsi mengantar apa atau siapa dan tujuan yang ingin diantar. Itulah yang membedakan gojek dengan ojek tradisional. Experiential Marketing adalah cara untuk mempromosikan suatau produk/jasa. Experiential Marketing menciptakan kesan bagi konsumen, dimana konsumen tertarik dengan penggunaan produk dengan melihat kepuasan orang lain yang menggunakan produk serupa terlebih dahulu. Gojek memberikan pengalaman yang berbeda kepada konsumen pada saat menggunakan jasa Gojek. Penelitian dilakukan pada pelanggan Gojek Indonesia (JABODETABEK, Bandung, Makassar, Bali dan Surabaya). Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Jumlah responden dalam penelitian ini 400 responden. Hasil yang didapat dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan Sense Marketing, Feel Marketing, Think Marketing, Act Marketing dan Relate Marketing, berpengaruh signifikan pada kepuasan pelanggan Gojek Indonesia (JABODETABEK, Bandung, Makassar, Bali dan Surabaya). Secara parsial dapat dilihat variable bebas Experiential Marketing yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan terdiri dari tiga, yaitu variabel feel, think, act dan relate, sedangkan sense tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan hal ini disebabkan karena pada saat pelanggan Gojek melakukan pemesanan dari aplikasi Gojek, pelanggan tidak melihat bagaimana logo gojek, warna gojek dan kerapian para driver . Pelanggan sering menemui driver yang tidak menggunakan identitas dari Gojek. Berdasarkan hal tersebut maka Sense tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Gojek Indonesia (JABODETABEK, Bandung, Makassar, Bali dan Surabaya)

Kata Kunci : Act, Feel, Sense, Think, Relate dan Kepuasan Pelanggan

Subjek

MARKETING
 

Katalog

PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA GOJEK INDONESIA ( JABODETABEK, BANDUNG, BALI, MAKASSAR, DAN SURABAYA).
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YUNI ARTHA SINAGA
Perorangan
Marheni Eka Saputri ST., MBA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini