PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN LAPANGAN (STUDI PADA DEPARTEMEN GRASBERG POWER DISTRIBUTION PT. FREEPORT INDONESIA TEMBAGAPURA PAPUA)

QUINERITA STEVANI ARUAN

Informasi Dasar

16.04.596
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

PT. Freeport menyadari bahwa keberhasilan perusahaan bergantung pada kontribusi masing-masing karyawan, karena itulah Freeport berkomitmen untuk mencapai keunggulan yang mencakup pemenuhan kebutuhan dan kepuasan dari setiap karyawan yang dipekerjakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran lingkungan kerja yang terdiri dari lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik, gambaran kepuasan kerja karyawan, dan bagaimana pengaruh lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan pada Departemen Grasberg Power Distribution PT. Freeport Indonesia Tembagapura Papua. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian kausal. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 57 orang, dimana teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel jenuh. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis dekskriptif dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial, baik lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik terhadap kepuasan kerja karyawan pada Departemen Grasberg Power Disitribution adalah berpengaruh secara signifikan. Berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan, lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan pada Departemen Grasberg Power Distribution. Berdasarkan koefisien determinasi didapat bahwa 59,8% kepuasan kerja karyawan dapat dijelaskan oleh lingkungan kerja dan sisanya sebesar 40,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sehingga dapat disimpulkan dalam penelitian ini adalah keadaan lingkungan kerja fisik tergolong dalam kategori cukup baik, keadaan lingkungan kerja non fisik tergolong dalam kategori baik, kepuasan kerja karyawan tergolong dalam kategori puas, dan pengaruh lingkungan kerja secara parsial dan simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan pada Departemen Grasberg Power Distribution PT. Freeport Indonesia.

Kata Kunci: Lingkungan Kerja Fisik, Lingkungan Kerja Non Fisik, Kepuasan Kerja Karyawan.

Subjek

PERSONNEL MANAGEMENT
 

Katalog

PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN LAPANGAN (STUDI PADA DEPARTEMEN GRASBERG POWER DISTRIBUTION PT. FREEPORT INDONESIA TEMBAGAPURA PAPUA)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

QUINERITA STEVANI ARUAN
Perorangan
Mahendra Fakhri, SE.,MBA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini