Pengukuran Tingkat Kesiapan Humanware dan Technoware pada Sistem Bank Indonesia Electronic Banking di Bank Indonesia Kantor Pusat

RACHMA WAHYU FEBRINA

Informasi Dasar

16.04.510
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Perkembangan teknologi informasi (TI) menyebabkan makin pesatnya perkembangan jenis dan kompleksitas produk dan jasa bank. Dukungan TI (teknologi informasi) bagi industri perbankan merupakan sebuah keharusan [13]. Upaya untuk meningkatkan daya saing produk yaitu dengan mengembangkan inovasi teknologi yang dapat dinyatakan dalam empat basis komponen teknologi pada proses operasi yaitu komponen technoware, humanware, infoware, orgaware [14]. Penelitian ini dilakukan pada sistem BIG-eB yang digunakan oleh Bank Indonesia, karena pada sistem tersebut masih terdapat masalah pada ketidaksiapan dalam memenuhi kebutuhan User utama sehingga proses penyelesaian transaksi masih belum maksimal.

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesiapan pengguna sistem BIG-eB dan sistem BIG-eB dengan mengukur kriteria dan sub kriteria yang ada pada variabel humanware dan technoware di Divisi Penyelesaian Transaksi. mengetahui nilai Tingkat Kesiapan humanware dan technoware dengan menggunakan Metode Delphi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Delphi dengan tiga putaran. Terdapat enam tahapan metode Delphi, yaitu menentukan topik yang akan dibahas, mengembangkan kriteria dari topik, menentukan ahli yang terlibat pada metode Delphi, merancang kuesioner untuk disebarkan pada setiap putaran, menyebarkan hasil kuesioner, dan analisis hasil kuesioner [9].

Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah tingkat kesiapan humanware sistem BIG-EB lebih tinggi daripada technoware yang sebesar 0,8222. Sedangkan nilai tingkat kesiapan technoware sebesar 0,75. Nilai bobot tertinggi ada pada kesadaran bekerja dalam kelompok dan kemampuan untuk memenuhi tanggal jatuh tempo mendapat skor tertinggi yaitu 10. Nilai perhitungan state of the art technoware adalah sebesar 0,75 dengan rata-rata skoring 7,5. Sedangkan state of the art humanware adalah sebesar 0,822. Dengan rata-rata skoring 8,22.

Kata kunci: Humanware, Technoware, Komponen teknologi, Teknologi, Metode Delphi.

Subjek

Management - operation
 

Katalog

Pengukuran Tingkat Kesiapan Humanware dan Technoware pada Sistem Bank Indonesia Electronic Banking di Bank Indonesia Kantor Pusat
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RACHMA WAHYU FEBRINA
Perorangan
Khairani R. Siregar, S.Si., M.T
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini