Pengukuran Kinerja Sistem Informasi Menggunakan Metode Performance Prism dan Model Analisis Kuantitatif “TEV” (Studi Kasus Sistem Informasi pada Rumah Zakat Bandung)

NABARA KUSTI

Informasi Dasar

16.04.456
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Rumah Zakat adalah sebuah lembaga amil zakat nasional yang berdiri sejak tahun 1998. Awalnya Rumah Zakat didirikan di Bandung, tetapi kini sudah mempunyai 52 jaringan kantor dari Aceh-Papua. Seiring dengan perkembangannya apalagi di era informasi ini, diakui bahwa kegiatan operasional pada Rumah Zakat tidak akan bisa berjalan tanpa adanya pemanfaatan sistem informasi sehingga pada tahun 2005 mulai dibangun sistem informasi terpusat. Tetapi itu saja belum cukup, sistem informasi yang digunakan juga harus diukur untuk mengetahui sejauh mana performanya. Oleh karena itu, Tugas Akhir ini akan membahas pengukuran kinerja pada sistem informasi Rumah Zakat. Penelitian ini merupakan penilitian deskriptif. Metode yang digunakan untuk pengukuran kinerja adalah Performance Prism, karena yang diukur bukan hanya dari sisi strategi saja, tetapi justru keinginan dan kebutuhan stakeholder (stakeholder satisfaction) yang menjadi pertimbangan utama, kemudian setelah itu bisa dirumusakan strategy, process, capabilities, dan stakeholder contribution. Kemudian, berdasarkan lima faset Performance Prism tersebut dan acuan dari NIST SP800-55 dikelompokkan menjadi Key Performance Indicator (KPI) dan Performance Indicator (PI) yang menjadi indikator ukuran suskes kinerja. Selanjutnya dilakukan pengolahan data, pembobotan dan scoring menggunakan Model Analisis Kuantitatif “TEV” (MAKTEV) yang merupakan model pengolahan data non metrik dengan menggunakan metode kuantitatif dengan inovasi baru untuk melengkapi kekurangan yang terdapat pada model analisis kuantitatif yang sudah ada sebelumnya yaitu Analytic Hierarchy Process (AHP), Technology Achievemnt Index (TAI),dan Global Competitiveness dengan menyertakan formula baru. Sehingga setelah dilakukan pengukuran kinerja, akan diketahui sejauh mana performa sistem informasi secara real, keterkaitan kelima faset Performance Prism, beserta rincian level kinerja tiap KPI (sangat jelek – sangat baik), kemudian selanjutnya hal ini bisa digunakan untuk merumuskan atau memberikan usulan perbaikan kinerja terhadap sistem informasi tersebut. Setelah melakukan pengukuran diperoleh hasil pengukuran nilai kinerja sistem informasi Core-Z adalah 4,25. Berdasarkan Skala Likert dikategorikan kinerja sistem informasi Core-Z pada Rumah Zakat adalah sangat baik dan didapatkan hasil 3 KPI dan 21 indikator kinerja (PI). Dari 3 KPI didapatkan hasil 1 KPI dikategorikan sangat baik dan 2 KPI dikategorikan baik. Dari 21 indikator kinerja (PI) terdapat 5 indikator kinerja yang dikategorikan sangat baik, 15 indikator kinerja baik, dan indikator kinerja 1 cukup baik.

Kata kunci: Pengukuran Kinerja, Performance Prism, Model Analisis Kuantitatif “TEV”, Delphi Method, Expected Value, Stakeholder.

Subjek

INFORMATICS
 

Katalog

Pengukuran Kinerja Sistem Informasi Menggunakan Metode Performance Prism dan Model Analisis Kuantitatif “TEV” (Studi Kasus Sistem Informasi pada Rumah Zakat Bandung)
 
 
Bahasa Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NABARA KUSTI
Perorangan
Toto Suharto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini