Analisis Pengaruh Electronic Word Mouth Terhadap Proses Keputusan Pembelian (Studi pada PT.GOJEK di Kota Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Bali)

I MADE DWIJANANDA

Informasi Dasar

16.04.201
658.834 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Fenomena pengunaan social media kini sangat marak terjadi di Indonesia. Dengan jumlah pengguna internet di Indonesia yang meningkat tiap tahunnya berdasarkan penelitian dari techinasia.com, menjadikan masyarakat Indonesia sangat konsumtif terhadap penggunaan internet khususnya untuk social media. Dengan fenomena di atas peluang terjadinya proses pertukaran informasi melalui media internet yang kini kita kenal dengan istilah Electronic Word of Mouth sangatlah besat. Dengan adanya proses pertukaran informasi tersebut maka terdapat peluang bagi suatu bisnis untuk mendapat customer baru. Kemudian customer tersebut pun akan melakukan suatu proses keputusan pembelian. Objek yang diteliti dari penelitian ini adalah GO-JEK. Yakni suatu bisnis di bidang transportasi yang berorientasi pada ojek. Dimana GO-JEK menciptakan suatu aplikasi berbasis iOS dan Android untuk penggunaan jasanya. Konsumen terlebih dahulu harus mendownload aplikasi tersebut pada smartphone, kemudian barulah bisa menggunakan jasa GO-JEK. Beranjak dari fenomena di atas penulis mengangkat judul yakni “Analisis pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Proses Keputusan Pembelian (Studi pada GO-JEK)” Adapun teori yang digunakan dalam penelitain ini adalah Marketing, Electronic Word of Mouth, Perilaku Konsumen, dan Keputusan Pembelian. Tujuan dari penelitain ini adalah penulis ingin mengetahui bagaimana pengaruh electonic word of mouth terhadap proses keputusan pembelian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menyebar kusisioner kepada customer GO-JEK yang berada di Kota Bandung, kemudian peneliti menganalisis data hasil kuisioner dengan menggunakan teknik analisis data yaitu Analisis Regresi Berganda. Berdasarkan hasil penelitian, tanggapan responden terhadap elemen electronic word of mouth marketing dan proses keputusan pembelian pada customer GO-JEK memiliki kriteria sangat baik. Melalui hasil pengujian secara parsial, delapan variabel word of mouth marketing terbukti memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap proses keputusan pembelian konsumen. Elemen Electronic word of mouth marketing memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian pada customer GO-JEK sebesar 74,8%, sedangkan sisanya sebesar 25,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Keyword : Electronic Word of Mouth, Social Media, Keputusan Pembelian

Subjek

CONSUMER ATTITUDES
ONLINE SOCIAL NETWORKS

Katalog

Analisis Pengaruh Electronic Word Mouth Terhadap Proses Keputusan Pembelian (Studi pada PT.GOJEK di Kota Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Bali)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

I MADE DWIJANANDA
Perorangan
SISCA EKA FITRIA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini