PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UKURAN KAP, DAN OPINION SHOPPING TERHADAP PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi Kasus Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2014)

DAULAT SAHAT HATORANGAN TARIHORAN

Informasi Dasar

16.04.178
657.45
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Laporan keuangan sebagai informasi penting dalam mengkomunikasikan keadaan perusahaan dan sebagai dasar untuk dapat menentukan atau menilai posisi serta kegiatan keuangan dari suatu perusahaan. Berdasarkan laporan keuangan tersebut nantinya auditor akan menilai apakah laporan keuangan telah disajikan secara wajar, dan konsisten terhadap prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia, serta menilai kelangsungan hidup perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, ukuran KAP, dan opinion shopping terhadap penerimaan opini audit going concern baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif verikatif bersifat kausalitas. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2014. Dengan menggunakan purposive sampling, sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 13 perusahaan. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah regresi logistik dengan software statistik SPSS 20. Hasil dari penelitian ini memberikan bukti secara empiris bahwa secara simultan, variabel ukuran perusahaan, ukuran KAP, dan opinion shopping berpengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern. Secara parsial variabel ukuran perusahaan tidak berpengaruh, ukuran KAP tidak berpengaruh, dan opinion shopping tidak berpengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern. Penelitian ini menyarankan untuk menambahkan variabel independen lainnya, baik dari aspek keuangan maupun non keuangan dan untuk pengembangan dalam penelitian selanjutnya, disarankan agar peneliti berikutnya dapat menggunakan metode perhitungan variabel ukuran KAP yang lain tidak hanya menggunakan metode perhitungan Kantor Akuntan Publik Big Four tapi dapat mencoba menggunakan metode perhitungan spesialisasi industri. Sebab misalnya auditor spesialis industri yang memiliki teknologi akuntansi khusus, auditor spesialis akan memberikan jaminan kualitas audit yang lebih tinggi dibandingkan auditor yang tidak spesialis.

Kata Kunci: Ukuran Perusahaan, Ukuran KAP, Opinion Shopping, Opini Audit Going Concern.

Subjek

AUDITING
 

Katalog

PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UKURAN KAP, DAN OPINION SHOPPING TERHADAP PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi Kasus Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2014)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DAULAT SAHAT HATORANGAN TARIHORAN
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini