PEMBANGUNAN APLIKASI MOBILE PARIWISATA “GoTrip” MENGGUNAKAN METODE WATERFALL

IKA NURMILA

Informasi Dasar

16.04.147
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kemajuan teknologi berdampak pada perkembangan beberapa sektor di dunia, salah satu yang terkena dampaknya adalah sektor pariwisata. Sektor pariwisata meningkat dalam beberapa tahun belakangan ini seperti yang telah diperkirakan oleh World Tourisme Organization (WTO) pada tahun 2003. Internet digunakan sebagai tempat berbagi dan sumber informasi tentang lokasi pariwisata. Namun hasil informasi yang berada di internet belum terorganisir, sehingga seringkali menyusahkan para wisatawan untuk mencari informasi yang lebih lengkap dalam waktu yang singkat terutama bagi wisatawan yang ingin melakukan self touring.

GoTrip merupakan aplikasi mobile Android yang menjadi tempat berbagi tentang lokasi-lokasi wisata. Member dapat menggunakan fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi, seperti fitur Home untuk melihat ulasan lokasi terbaru, Find untuk mencari lokasi wisata dalam suatu daerah, Nearby untuk melihat lokasi wisata terdekat dari titik lokasi member. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan modified waterfall method. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Java dan PHP, Java untuk pemrograman Android di Eclipse dan PHP untuk menghubungkan Android ke database MySQL. Ketersediaan jaringan internet dan GPS mempengaruhi pengelolaan informasi pada aplikasi GoTrip. Hasil pengolahan informasi tidak dapat ditampilkan tanpa kedua hal tersebut. Informasi yang telah diinputkan oleh member akan digunakan sebagai data usulan lokasi wisata bagi member lain.

Sistem perencanaan wisata pada aplikasi GoTrip yang telah dibuat dapat memudahkan user untuk melakukan perencanaan wisata dan menjadi tempat berbagi review lokasi wisata yang terorganisir. Usulan lokasi wisata yang dihasilkan mengacu pada titik lokasi pengguna atau lokasi tujuan yang akan dituju. Pengembangan lebih lanjut sebaiknya dapat menambahkan sistem pengusulan wisata yang lebih baik serta konten dan tampilan yang lebih menarik.


Kata Kunci : crowdsourcing, waterfall, pariwisata, android, aplikasi mobile

Subjek

ANDROID
 

Katalog

PEMBANGUNAN APLIKASI MOBILE PARIWISATA “GoTrip” MENGGUNAKAN METODE WATERFALL
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IKA NURMILA
Perorangan
Yuli Adam Prasetyo, Pitrasacha Adytia
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini