FAKTOR-FAKTOR YANG MEMOTIVASI MAHASISWA/I DALAM MEMILIH BERKARIER SEBAGAI KARYAWAN PERUSAHAAN (Studi Pada Mahasiswa/i S-1 Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom Angkatan Masuk 2011-2012)

WAHIDIN SINAGA

Informasi Dasar

15.04.2164
151
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Karier memegang peranan yang sangat penting dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia. termasuk diantaranya mahasiswa/i, dengan tujuan mendapatkan kebahagiaan dan kepuasan di masa depan terutama kebutuhan ekonomis, sosial dan pisikologis. Oleh sebab itu diperlukan perencanaan dalam pemilihan karier yang matang, namun realita yang terjadi saat ini mahasiswa/i lebih termotivasi memilih berkarier sebagai karyawan, walapun mereka mengetahui angka penyerapan kerja di Indonesia masih kurang dan situasi ekonomi Indonesia yang tidak stabil. Hal ini menyebabkan persaingan yang semakin ketat dalam dunia kerja.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor yang signifikan memotivasi mahasiswa/i dalam memilih berkarier sebagai karyawan perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif dan pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 mahasiswa/i S-1 Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Telkom angkatan masuk 2011-2012 yang setelah lulus kuliah memilih karier sebagai karyawan, dengan metode purposive or judgmental sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis faktor dengan metode common factor analysis. Data diolah dengan bantuan SPSS 22.0.

Berdasarkan hasil analisis faktor, dapat disimpulan bahwa terdapat dua faktor yang memotivasi mahasiswa/i dalam memilih karier sebagai karyawan perusahaan yaitu faktor motivasi primer dan motivasi sekunder. Faktor motivasi sekunder secara signifikan memotivasi mahasiswa dalam memilih karier sebagai karyawan perusahaan dengan eigenvalue sebesar 5,722 dan presentase variance sebesar 52,020. Faktor motivasi sekunder mencakup lima variabel antara lain: nilai-nilai sosial, nilai intrinsik pekerjaan, pengakuan profesional, lingkungan kerja dan pertimbangan pasar kerja. Dengan mengetahui faktor yang signifikan memotivasi mahasiswa/i dalam memilih berkarier sebagai karyawan, yaitu faktor motivasi sekunder, instansi atau tenaga pengajar dapat meningkatkan faktor motivasi sekunder mahasiswa/i dengan cara memberikan tugas yang bersifat kelompok, sosial dan studi lapangan kepada mahasiswa sehingga dapat meningkatkan kualitas dan tanggung jawab mahasiswa.

Kata kunci : karier, motivasi, faktor pemilihan karier, sumber daya manusia

Subjek

Motivation - psychology
 

Katalog

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMOTIVASI MAHASISWA/I DALAM MEMILIH BERKARIER SEBAGAI KARYAWAN PERUSAHAAN (Studi Pada Mahasiswa/i S-1 Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom Angkatan Masuk 2011-2012)
 
xviii, 132p. + lampiran.: il.; 29,5 cm.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WAHIDIN SINAGA
Perorangan
Mahendra Fakhri
 

Penerbit

Telkom University, Administrasi Bisnis
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

tempatkan teratas: rasio terbesar/ terbanyak disetujui/ terbaru
  Strategi 5 December, 2015
wahidinsinaga – WAHIDIN SINAGA
Hasil Penelitian Ini Dapat Membantu Mahasiswa/i merancang strategi baik bagi mahasiswa/i dan pengajar, apa yang di perlukan mereka jika mereka memilih sebagai karyawan perusahaan baik swasta maupun negeri. Semoga Karya Ini Dapat Membantu Saudara/i dalam memutuskan dalam dunia pekerjaan. Terimakasih
0 komentar.
anda harus sign-in untuk memberikan komentar
1 dari 1 (100%) orang menyetujui ulasan ini membantu.
  Sangat Bagus Untuk Strategi 4 December, 2015
wahidinsinaga – WAHIDIN SINAGA
Semoga Dapat Membantu Saudara/i
0 komentar.
anda harus sign-in untuk memberikan komentar
1 dari 1 (100%) orang menyetujui ulasan ini membantu.
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini