PENGARUH STOCK SELECTION, MARKET TIMING, DAN UKURAN REKSA DANATERHADAP KINERJA REKSA DANA SAHAM (Studi Kasus pada Reksa Dana Saham yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan Periode 2011 – 2014)

TRISNOPATI

Informasi Dasar

15.04.2065
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada era globalisasi seperti jaman sekarang ini, alternatif dalam berinvestasi yang menguntungkan banyak ditawarkan. Berinvestasi pada pasar modal menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan investor. Reksa dana (mutual funds) muncul menjadi salah satu instrumen investasi yang dirancang sebagai sarana untuk menghimpun dana dari masyarakat yang memiliki modal, namun hanya memiliki waktu dan pengetahuan yang terbatas. Dengan semakin berkembangnya instrumen reksa dana, masalah yang dihadapi dari sudut pandang pemodal adalah bagaimana memilih alternatif reksa dana yang ada berdasarkan kinerja portofolio. Pertanyaan tentang apakah manajer investasi reksa dana dapat memberikan (expected return) di atas rata-rata pada benchmark yang tepat adalah isu yang relevan bagi investor. Untuk mengetahui kinerja reksa dana saham yang baik, terdapat beberapa variabel yang dapat menjadi pertimbangan untuk investor dalam berinvestasi. Total sampel yang di gunakan dalam penelitian adalah 44 sampel yang terdiri dari reksa dana saham yang memiliki ukuran reksa dana diatas Rp 1 Triliun dan tercatat di OJK dengan periode waktu penelitian selama tahun 2011-2014. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian adalah regresi data panel metode pooled least square (PLS) dengan program E-Views. Setelah langkah selanjutnya melakukan adalah melakukan pengujian hipotesis untuk mengetahui pengaruh variabel bebas yaitu Stock Selection, Market Timing, dan Ukuran Reksa Dana terhadap variabel terikatnya yaitu Kinerja Reksa Dana Saham secara simultan maupun parsial. Hasil penelitian ini adalah Stock Selection berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Reksa Dana Saham dengan arah positif, Market Timing berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Reksa Dana Saham dengan arah negatif dan Ukuran Reksa Dana tidak berpengaruh terhadap Kinerja Reksa Dana Saham pada reksa dana saham yang terdaftar di OJK secara parsial dan Stock Selection, Market Timing dan Ukuran Reksa Dana berpengaruh secara simultan terhadap Kinerja Reksa Dana Saham.

Kata Kunci : Stock Selection, Market Timing, Ukuran Reksa Dana dan Kinerja Reksa Dana

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

PENGARUH STOCK SELECTION, MARKET TIMING, DAN UKURAN REKSA DANATERHADAP KINERJA REKSA DANA SAHAM (Studi Kasus pada Reksa Dana Saham yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan Periode 2011 – 2014)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TRISNOPATI
Perorangan
Farida titik kristanti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini