Analisis Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar Di BEI Tahun 2010-2013)

FACHRY RIDHA MUHAMMAD EFFENDI

Informasi Dasar

15.04.2020
658.408
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Banyak perusahaan berusaha untuk mendapatkan laba yang maksimum dan meminimumkan pengorbanan yang dilandasi oleh kepentingan pribadi. Akibat dari hal itu banyak skandal yang terjadi seperti skandal keuangan maupun lingkungan yang dimana merugikan dunia bisnis dan juga masyarakat. Oleh sebab itu pemerintah Indonesia secara eksplisit mengatur tentang tanggung jawab sosial perusahaan dalam UU No.40 Tahun 2007 pasal 74 tentang tanggung jawab sosial dan lingkungan yang mewajibkan perseroan menjalankan kegiatan usahanya di bidang dan/atau berkaitan dengan sumber daya alam untuk melaksanakan Corporate Social Responsibility. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, dan pertumbuhan perusahaan terhadap corporate social responsibility baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif verifikatif bersifat kausalitas. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang listing di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2010-2013. Dengan menggunakan metode purposive sampling, sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 8 perusahaan pertahun, dan total sampel selama periode penelitian sebanyak 32 sampel. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan metode analisis data regresi data panel menggunakan eviews 8.1. Hasil penelitian ini, profitabilitas, ukuran perusahaan, dan pertumbuhan perusahaan berpengaruh secara simultan terhadap corporate social responsibility. Secara parsial variabel ukuran perusahaan dengan arah positif berpengaruh terhadap corporate social responsibility, sedangkan profitabilitas dengan arah positif dan pertumbuhan perusahaan dengan arah negatif tidak berpengaruh terhadap corporate social responsibility. Kata kunci : Profitabilitas, ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan, corporate social responsibility.

Subjek

CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
 

Katalog

Analisis Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar Di BEI Tahun 2010-2013)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FACHRY RIDHA MUHAMMAD EFFENDI
Perorangan
Dini Wahyu Hapsari
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini