PENGARUH PENGUKURAN KINERJA BERBASIS BALANCED SCORECARD TERHADAP KINERJA MANAJER (STUDI KASUS PADA YAYASAN PENDIDIKAN TELKOM PERIODE SEPTEMBER 2014 - SEPTEMBER 2015)

ARYANE

Informasi Dasar

15.04.1711
658.401 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Balanced Scorecard merupakan salah satu sistem pengukuran kinerja yang banyak digunakan perusahaan karena dapat memberikan para eksekutif kerangka kerja yang komprehensif untuk menerjemahkan visi, misi dan strategi ke dalam seperangkat ukuran kinerja yang terpadu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pengukuran kinerja berbasis balanced scorecard terhadap kinerja manajer di Yayasan Pendidikan Telkom yang telah lama mengimplementasi balanced scorecard di dalam manajemen yayasan.

Penelitian dilakukan kepada 36 responden dengan kedudukan sebagai manajer di YPT. Variabel yang digunakan berdasarkan empat perspektif dalam balanced scorecard yakni financial perspective, customer perspective, internal business process perspective dan learning and growth perspective. Metode analisis yang digunakan adalah dengan analisis jalur.

Berdasarkan hasil analisis jalur diperoleh kesimpulan nilai Fhitung(18.109) > Ftabel (3.28) dengan tingkat kepercayaan 95% maka dinyatakan bahwa penerapan pengukuran kinerja berbasis balanced scorecard secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajer dengan besaran nilai total pengaruh sebesar 52,3%. Sedangkan sisanya 47,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diamati. Sedangkan secara parsial hanya variabel financial perspective dan learning and growth perspective yang memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja manajer dengan besaran nilai kontribusi sebesar 23,5% dan 28,8%. Kondisi ini menunjukkan bahwa YPT perlu meningkatkan pengawasan terhadap usaha dalam pertumbuhan revenue dan operating ratio. Selain itu juga melakukan peningkatan kinerja seperti meningkatkan kepuasan pegawai dengan meningkatkan pendapatan dan kompensasi, meningkatkan pelatihan dan pengembangan pegawai, meningkatkan komunikasi di dalam manajemen agar informasi dari top management dapat diperoleh secara tepat dan cepat kepada para manajer di bawahnya.

Kata kunci: pengukuran kinerja, balanced scorecard, yayasan, kinerja manajer

Subjek

CONTROL AND QUALITY MANAGEMENT
EXECUTIVE MANAGEMENT

Katalog

PENGARUH PENGUKURAN KINERJA BERBASIS BALANCED SCORECARD TERHADAP KINERJA MANAJER (STUDI KASUS PADA YAYASAN PENDIDIKAN TELKOM PERIODE SEPTEMBER 2014 - SEPTEMBER 2015)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARYANE
Perorangan
Norita
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini