EKSPLORASI MOTIF MAJAPAHIT DAN MOTIF PAISLEY DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK DIGITAL PRINTING SERTA BORDIR UNTUK PRODUK FESYEN

RIFQAH HASNA HAFIZHAH

Informasi Dasar

15.04.1633
746.92
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penambahan ornamen pada sebuah produk pada umumnya untuk memperindah produk tersebut agar lebih menarik, baik secara estetis maupun nilai yang lebih. Ornamen Jawa sangat beraneka ragam coraknya. Pada umumnya ornamen Jawa merupakan bentuk stilasi atau penyederhanaan bentuk dari tumbuhan-tumbuhan. Ornamen Jawa terkenal dengan motif ukiran, salah satu motif ukiran Jawa yaitu motif Majapahit.

Motif Majapahit memiliki motif yang menarik, namun pengaplikasian motif Majapahit masih hanya pada media kayu. Motif Majapahit memiliki potensi untuk dikembangkan kembali motifnya menjadi motif yang lebih kontemporer. Pada penelitian ini motif Majapahit akan dikolaborasikan dengan motif Paisley agar menjadi motif yang lebih inovatif. Penggunaan teknik digital printing adalah teknik untuk mencetak motif tersebut ke dalam media kain. Selajutnya teknik bordir, cutting, dan layering adalah teknik yang memberikan efek tekstur pada kain (bordir) dan memberikan efek transparan pada kain (cutting dan layering), dengan tujuan agar motif tersebut bisa terlihat dengan efek yang berbeda dan lebih menarik.

Penggabungan dari motif Majapahit dan motif Paisley menghasilkan motif baru yang lebih sederhana dan kontemporer. Motif Majapahit yang memiliki karakter kaku di kemas menjadi motif baru yang lebih dinamis dengan motif Paisley di dalamnya. Teknik digital printing membantu proses pencetakan kain yang lebih cepat dan terjangkau. Teknik bordir dengan benang emas membantu memberikan efek tekstur dan kesan mewah pada kain. Lembaran kain hasil gabungan eksplorasi motif ini di aplikasikan ke dalam produk fesyen yaitu busana muslim formal, tas, dan juga selendang dengan potongan sederhana namun elegan.

Kata kunci : Majapahit, Paisley, digital printing, bordir, fesyen

Subjek

FASHION DESIGN
 

Katalog

EKSPLORASI MOTIF MAJAPAHIT DAN MOTIF PAISLEY DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK DIGITAL PRINTING SERTA BORDIR UNTUK PRODUK FESYEN
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIFQAH HASNA HAFIZHAH
Perorangan
Aquamila Bulan Prizilla, Morinta Rosandini
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini