PENGEMBANGAN MODUL INVESTOR WEB PORTAL CROWDFUNDING DENGAN METODE PROTOYPE DAN FRAMEWORK CODEIGNITER

ARIS SETYO NUGROHO

Informasi Dasar

15.04.1455
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Indonesia merupakan salah satu Negara yang setuju dengan kegiatan ASEAN Free Tread Area (AFTA). AFTA merupakan kegiatan untuk membentuk suatu kawasan bebas perdagangan dalam rangka meningkatkan daya saing ekonomi kawasan regional ASEAN. Pada tahun 2015 ada perkembangan untuk menghapuskan semua bea masuk impor barang bagi anggota AFTA yang setuju, yaitu Brunei, Indonesia, Malaysia, Philippines, Singapore, Thailand, Myanmar, Cambodia, Laos, dan Vietnam. Dengan adanya penghapusan bea masuk impor barang, maka akan mempermudah para perusahaan dalam menyebarkan produk-produk atau jasa yang ditawarkan.

Indonesia terkenal dengan banyak keanekaragaman sumber daya alam dan manusia. UMKM di Indonesia semakin bertambah pada tiap tahunnya, sehingga dapat mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia. Banyak UMKM yang bermasalah dalam permodalan untuk membangun usahanya. Disamping itu banyak karyawan baru yang hanya dapat menyisihkan sedikit dana untuk memutarkan dananya sehingga menghasilkan keuntungan yang diinginkan. Karyawan baru ini berharap mendapatkan pemasukan tambahan selain dalam usaha kerja sehari-hari. Untuk memulai investasi adalah modal besar dalam kegiatan pengajuan usaha.

Pada penelitian dikembangkan aplikasi yang dapat membantu beberapa calon Investor untuk memberikan dana menurut budget dimiliki. Dana yang terkumpul dari beberapa investor digunakan sebagaimana pengajuan proposal UMKM, untuk memajukan UMKM di Indonesia dengan mendaftarkan akun pada portal crowdfunding bantu ukm. Peneliti menggunakan metode prototipe dalam proses pengembangan aplikasi dan aplikasi bantu ukm dibangun menggunakan framework codeigniter bahasa pemrograman PHP.

Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi web portal bantu ukm dapat mempermudahkan pemberian dana dari banyak investor untuk suatu proposal demi memenuhi kebutuhan dana UMKM dan ketersedian dana dari investor. Sehingga UMKM di Indonesia dapat bersaing dalam menghadapi kegian AFTA yang terjadi di Indonesia dan membantu mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia.

Subjek

E-COMMERCE
 

Katalog

PENGEMBANGAN MODUL INVESTOR WEB PORTAL CROWDFUNDING DENGAN METODE PROTOYPE DAN FRAMEWORK CODEIGNITER
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARIS SETYO NUGROHO
Perorangan
Yuli Adam. S.T., M.T
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini