MEMBANGUN PORTAL JUAL BELI UNIVERSITAS TELKOMDENGAN METODE PROTOTYPING

M RIZKI MOZAR KADEAN

Informasi Dasar

15.04.1233
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Penggunaan aplikasi e-commerce sudah sangat berkembang di kalangan masyarakat, termasuk dikawasan Universitas Telkom. Universitas Telkom mempunyai forum jual beli yang terdapat di media sosial Facebook. Keterbatasan fitur yang ada di Facebook yang hanya bisa mempromosikan barang dan jasa diangkat menjadi objek penelitian. Pengguna forum jual beli ini sulit dalam mencari informasi mengenai barang dan jasa yang mereka butuhkan karena tidak adanya fitur penunjang yang dimiliki aplikasi e-commerce lainnya yang sudah ada seperti fitur search dan fitur pemesanan produk.


Untuk mengatasi permasalah tersebut, dibangun sebuah portal jual beli Universitas Telkom dengan metode prototyping. Dengan metode yang digunakan, user dapat memberikan masukan mengenai sistem yang akan dibangun dengan fitur-fitur yang dibutuhkan oleh user. Analisis dan perancangan dari portal jual beli ini menggunakan UML dan pembangunan portal jual beli menggunakan PHP dengan framework CodeIgnitier. Sedangkan pengujian portal jual beli menggunakan pengujian fungsionalitas dan user acceptance test.


Dapat disimpulkan bahwa permasalahan utama yang dialami oleh civitas akademik Universitas Telkom adalah belum tersedianya aplikasi yang dapat mempermudah dalam mendapatkan informasi mengenai barang dan jasa yang dibutuhkan. Oleh karena itu dibangun portal jual beli Universitas Telkom untuk civitas akademik Universitas Telkom dengan fitur-fitur yang membantu dalam proses pembelian dan penjualan seperti fitur kategorisasi, search, notifikasi, comment, upload produk, pesan produk, dan fitur konfirmasi pembayaran.


Kata Kunci : Portal Jual Beli, prototyping, E-Commerce, Universitas Telkom.

Subjek

E-COMMERCE
 

Katalog

MEMBANGUN PORTAL JUAL BELI UNIVERSITAS TELKOMDENGAN METODE PROTOTYPING
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

M RIZKI MOZAR KADEAN
Perorangan
Nia Ambarsari, Umar Yunan
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini