PENGARUH INDIVIDU, ORGANISASI, DAN TEKNOLOGI TERHADAP KNOWLEDGE SHARING DI DIREKTORAT HUMAN CAPITAL MANAGEMENT KANTOR PUSAT PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK.

FADILLA WAHYU EVANISA

Informasi Dasar

15.04.1113
658.403 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tingkat persaingan dan kompetisi di industri telekomunikasi semakin meningkat. Hal ini ditandai dengan semakin banyaknya pemain dan konsumen yang cenderung stagnan. Untuk memenangkan kompetisi, perusahaan harus mampu menjawab tantangan-tantangan yang ada berupa kolaborasi, inovasi, adaptasi, penguasaan teknologi, serta mengelola aset intelektual perusahaan. Tantangan inilah yang mendorong adanya kebutuhan akan penerapan knowledge management. Salah satu kegiatan knowledge management yang dilakukan oleh PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. adalah knolwedge sharing. Beberapa komponen penting dalam knowledge sharing adalah individu, organisasi, dan teknologi. Penelitian ini dilakukan untuk mengatahui pengaruh signifikan faktor individu, organisasi, dan teknologi terhadap knowledge sharing di direktorat human capital management kantor pusat PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk secara parsial dan simultan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif kausal. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Variabel independen dalam penelitian ini adalah faktor individu (X1), organisasi (X2), dan teknologi (X3) sedangkan variabel dependennya adalah knowledge sharing (Y). Total populasi dalam penelitian ini adalah 661 karyawan sedangkan penelitian dilakukan terhadap 87 responden. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa faktor individu dalam melakukan knowledge sharing di direktorat Human Capital Management PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk berada pada kategori sangat tinggi yakni 84,91%. Faktor organisasi dalam melakukan knowledge sharing berada pada kategori tinggi yakni 73,99%. Faktor teknologi dalam melakukan knowledge sharing berada pada kategori sangat tinggi yakni 83,76%. Hasil analisis jalur secara parsial menunjukkan bahwa hanya faktor organisasi (X2) dan teknologi (X3) yang berpengaruh secara signifikan terhadap knowledge sharing (Y). Secara simultan kedua variabel tersebut berpengaruh signifikan dengan besarnya pengaruh terhadap knowledge sharing sebesar 53,1%. Cara yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan knowledge sharing adalah dengan menawarkan monetary reward, promosi jabatan, jaminan kerja yang lebih bagi karyawannya yang aktif berbagi pengetahuan. Perusahaan juga meningkatkan infrastruktur teknologi yang dimilikinya agar memudahkan karyawan dalam mengakses pengetahuan dan berbagi pengetahuan baik terhadap rekan sesama divisi maupun berbeda. Kata kunci: individu, organisasi, teknologi, knowledge management, knowledge sharing.

Subjek

KNOWLEDGE MANAGEMENT-KNOWLEDGE SHARING
 

Katalog

PENGARUH INDIVIDU, ORGANISASI, DAN TEKNOLOGI TERHADAP KNOWLEDGE SHARING DI DIREKTORAT HUMAN CAPITAL MANAGEMENT KANTOR PUSAT PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK.
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FADILLA WAHYU EVANISA
Perorangan
Ade Irma Susanty
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini