Perancangan Aplikasi Mobile Wisata Cirebon

FADJAR RAMADHAN

Informasi Dasar

15.04.1058
005.262
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PERANCANGAN APLIKASI MOBILE WISATA CIREBON

Oleh

Fadjar Ramadhan, Andreas Rio, Gredi Gradana Sembada.

ABSTRAK

Cirebon berkembang pesat sebagai pusat bisnis dan industri pariwisata. DISPORBUDPAR Kota Cirebon optimis meningkatkan kunjungan wisata kota Cirebon dengan target 5% setiap tahunnya atau bahkan lebih. Namun, media informasi berupa brosur dan atau buku dari DISPORBUDPAR Kota Cirebon terkadang butuh cetakan berulang dan biaya tidak sedikit ketika ada update informasi. Meskipun sudah ada website, informasi masih belum up to date dan media sosial seperti twitter atau facebook belum dimiliki oleh DISPORBUDPAR Kota Cirebon. Karakteristik masyarakat modern yang bermobilitas tinggi, mencari layanan fleksibel dan efisien di segala aspek menjadikan teknologi smartphone merajalela. Media yang baik dan informasi up to date menjadi kebutuhan wisatawan baik itu individu maupun kelompok. Permasalahannya adalah bagaimana merancang aplikasi mobile wisata Cirebon yang memberikan kebutuhan informasi destinasi wisata bagi para wisatawan baik individu maupun kelompok yang ingin berwisata ke Cirebon.

Melalui observasi dengan studi pustaka dan membandingkan sampel aplikasi mobile wisata, wawancara tidak terstruktur kepada Bagian Pengolah Data DISPORBUDPAR Kota Cirebon, Kepala UPTD PIBP, Developer dan kuesioner yang disebarkan secara online, didapatkan data yang dianalisis secara matriks. Hasilnya, dengan mengikuti tren individu tourism yang dimana tanpa ada campur tangan pihak swasta, aplikasi mobile wisata menjadi terobosan baru untuk Cirebon yang mempunyai daya potensi wisata. Disamping itu, responden kuesioner didominasi oleh pria dan wanita usia 18 tahun ke atas yang memiliki smartphone, membutuhkan informasi up to date dan praktis mengenai tempat wisata serta tertarik dengan aplikasi mobile wisata.

Hasil perancangan aplikasi mobile baik dari segi icon, layout, font, color hingga experience yang terjadi pada user menjadi standar yang harus diperhatikan. Untuk itu aplikasi dirancang dengan informasi wisata yang detail dengan tampilan visual sederhana serta fitur menarik yang mendukung aplikasi agar menyenangkan dan mudah dipakai oleh user. Dengan adanya perancangan aplikasi mobile wisata Cirebon ini, wisatawan dapat dengan mudah mendapatkan informasi yang baik dan up to date terkait wisata Cirebon.

Kata kunci : Cirebon, Indonesia, Interface, Mobile, Wisata

Subjek

DESIGN USER INTERFACE
 

Katalog

Perancangan Aplikasi Mobile Wisata Cirebon
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FADJAR RAMADHAN
Perorangan
Andreas Rio, Gredi Gradana Sembada
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini