Pengaruh Efektivitas Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Karyawan Divisi Compliance & Development Pt. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. Serang Mill)

NUR INDAH FINDIANI

Informasi Dasar

15.04.991
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Kebutuhan tenaga-tenaga terampil sudah merupakan tuntutan yang tidak dapat ditunda lagi. Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu divisi yang bertanggung jawab untuk menangani masalah ketenagakerjaan disebuah perusahaan. Salah satu caranya adalah melalui pendidikan dan pelatihan. Sumber daya manusia adalah aset terpenting bagi PT. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. Serang Mill (IKPP Serang), yang selanjutnya akan disebut dengan IKPP Serang. Perusahaan ini menyadari bahwa pengembangan sumber daya manusia memiliki korelasi langsung terhadap pengembangan perusahaan. Mengetahui bahwa memberikan pelatihan terhadap tenaga kerja merupakan kewajiban bagi setiap pemilik usaha dan perusahaan pun menyadari bahwa betapa pentingnya pelatihan bagi para karyawan di IKPP Serang, maka IKPP Serang memberikan pelatihan kepada setiap karyawannya untuk menunjang kinerja setiap karyawan yang bekerja pada IKPP Serang. Ivancevich (2010:4) mengemukankan bahwa manajemen sumber daya manusia berfungsi untuk memfasilitasi efektivitas pekerja untuk mencapai tujuan organisasi dan tujuan individu di dalam perusahaan. Menurut Kaswan (2012:55) Pelatihan yang efektif dapat meningkatkan kinerja, memperbaiki semangat kerja, dan mendongkrak prestasi organisasi. Mangkunegara (2010:59) mengatakan bahwa ada empat kriteria yang dapat digunakan sebagai pedoman dari ukuran efektivitas pelatihan, yaitu kriteria pendapat, kriteria belajar, kriteria perilaku, dan kriteria hasil. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah studi kausal dikarenakan penelitian ini peneliti ingin menemukan penyebab dari satu atau lebih masalah. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan analisisi regresi linear sederhana. Setelah diketahui terdapat hubungan yang signifikan anatar efektivitas pelatihan terhadap kinerja, selanjutnya menghitung seberapa besar pengaruh variabel efektivitas pelatihan terhadap kinerja. Besarnya pengaruh efektivitas pelatihan terhadap kinerja bisa dilihat dari nilai R2 sebesar 0,293 atau 29,3% yang artinya besarnya pengaruh efektivitas pelatihan terhadap kinerja adalah sebesar 29,3% dan besarnya variabel lain yang mempengaruhi variabel kinerja adalah sebesar 70,7%.

Kata kunci: Efektivitas Pelatihan, Pelatihan, Kinerja

Subjek

Management - human resource
 

Katalog

Pengaruh Efektivitas Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Karyawan Divisi Compliance & Development Pt. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. Serang Mill)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NUR INDAH FINDIANI
Perorangan
Fetty Poerwita Sary
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini