PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA MIKROSTRIP BENTUK E MODIFIKASI DENGAN ELEMEN PARASIT UNTUK RADIO ALTIMETER PADA FREKUENSI 4.2 – 4.4 GHZ

SITIA GAMAWATI ERTA LESTARI

Informasi Dasar

15.04.688
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Radio altimeter adalah sebuah perangkat yang sangat penting dalam dunia penerbangan. Pada umumnya, radio altimeter penerbangan memiliki antena pengirim dan penerima yang terpisah. Antena yang dibutuhkan untuk digunakan pada sistem radio altimeter adalah antena yang mampu menghasilkan pola radiasi unidireksional dengan bandwidth yang lebar. Antena mikrostrip dipilih karena kelebihannya yaitu memiliki masa ringan dan mudah untuk dipabrikasi.

Tugas akhir ini merancang dan merealisasikan antena mikrostrip untuk aplikasi radio altimeter. Perancangan dilakukan menggunakan bantuan perangkat lunak CST Studio Suite untuk mendapatkan karakteristik yang diinginkan melalui simulasi. Antena yang dirancang untuk mampu bekerja pada frekuensi 4.3 GHz, dengan return loss < -10 dB, VSWR < 2, bandwidth 100 MHz, gain ? 9.25 dBi, pola radiasi unidireksional, dan polarisasi linier. Substrat yang digunakan adalah Rogers RT5880 yang memiliki permitivitas relatif (?r) sebesar 2.2 dan ketebalan sebesar 1,57 mm.

Antena hasil realisasi perancangan pada tugas akhir ini memiliki return loss sebesar -15.121 dB, VSWR sebesar 1.425, bandwidth 185.188 MHz, dan gain sebesar 9.276 dBi. Antena mikrostrip parasitik ini menghasilkan pola radiasi unidireksional dan polarisasi linier vertikal.

Kata kunci : radio altimeter, antena mikrostrip, elemen parasit

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA MIKROSTRIP BENTUK E MODIFIKASI DENGAN ELEMEN PARASIT UNTUK RADIO ALTIMETER PADA FREKUENSI 4.2 – 4.4 GHZ
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SITIA GAMAWATI ERTA LESTARI
Perorangan
Heroe Wijanto, Yuyu Wahyu
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini