OPTIMASI KUALITAS DAN AREA CAKUPAN JARINGAN 3G STUDI KASUS KLUSTER AREA TASIKMALAYA

ZULFIKAR FEBY RAMDHANI

Informasi Dasar

15.06.180
621.384 56
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Dengan meningkatnya pelanggan suatu operator jaringan seluler tidak hanya berdampak pada peningkatan penghasilan operator tersebut, tetapi berdampak pada penurunan kualitas jaringan yang ditandai dengan meningkatnya jumlah kegagalan panggilan. Kegagalan panggilan dapat disebabkan oleh beberapa faktor misalnya kesalahan pada perangkat telekomunikasi pelanggan, lokasi pelanggan yang berada diluar jangkauan BTS, dan jaringan yang sedang padat.

Pada proyek akhir ini dilakukan proses optimasi pada area Tasikmalaya dengan jaringan 3G pada operator 3 dengan melakukan physical tuning seperti re-azimuth dan tilting antena, software yang digunakan pada saat drive test adalah TEMS Investigation 9.0.3 Data Collection untuk pengambilan data dan pengolahan data drive test.

Dari hasil drive test dapat dilakukan proses optimasi. Standar KPI pada operator 3(tri) yaitu RSCP > 80% dan Ec/No > 70 %. Hasil optimasi jaringan 3G area Tasikmalaya pada RSCP sebesar 98.34% dan pada Ec/No sebesar 81.97%. Dengan membandingkan hasil drive test dengan standar KPI operator 3 (tri) mencapai nilai yang optimal.

Subjek

cellular telephone systems
 

Katalog

OPTIMASI KUALITAS DAN AREA CAKUPAN JARINGAN 3G STUDI KASUS KLUSTER AREA TASIKMALAYA
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ZULFIKAR FEBY RAMDHANI
Perorangan
Sugondo Hadiyoso, Indra Anggara Perdana
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini