PERANCANGAN DAN REALISASI MODUL PRAKTIKUM TEKNIK DIGITAL DAN KOMPUTER SAP-1 SEBAGAI SARANA PERKULIAHAN D3 TEKNIK TELEKOMUNIKASI

ALFI MUHAMMAD AKBAR BARIA

Informasi Dasar

15.06.153
160
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Pemahaman mengenai rangkaian gerbang logika dasar dalam praktikum mata kuliah teknik digital sangatlah penting. Pengenalan IC dan gerbang logika, cara kerja gerbang logika hingga penyerderhanaan suatu persamaan rangkaian logika merupakan hal penting yang harus dipahami oleh setiap mahasiswa. Oleh karena itu dibutuhkan suatu perangkat yang dapat memenuhi semua kebutuhan mahasiswa dalam melaksanakan praktikum teknik digital.


Kit praktikum yang dibuat pada proyek akhir ini sangat berguna bagi mahasisiwa sebagai sarana perkuliahan teknik digital. Kit pratikum ini membantu mahasiswa untuk memahami berbagai macam rangkaian yang dibentuk dari gerbang logika sederhana hingga rangkain logika yang memiliki kompleksitas yang tinggi. Kit praktikum ini juga berguna bagi mahasiswa untuk memahami arsitektur komputer sederhana yang dibangun dari rangkaian logika.


Pada proyek akhir ini telah berhasil direalisasikan sebuah digital trainer yang digunakan sebagai kit praktikum teknik digital. Kit praktikum ini dapat digunakan untuk membentuk rangkaian logika menggunakan IC gerbang logika dasar, membentuk rangkaian sekuensial dan kombinasional, menampilkan karakter berdasarkan kode ascii pada layar LCD 16 x 2. Terdapat rangkaian ADC dan DAC untuk mengkonveri nilai digital menjadi analog maupun sebaliknya. Pada kit praktikum terdapat juga komputer SAP 1 yang digunakan untuk memahami arsitektur komputer serta mengetahui bagaimana komputer dapat mengoperasikan suatu instruksi aritmatika sederhana.


Kata Kunci : Teknik Digital, kit praktikum ,SAP-1, IC, gerbang logika, Digital Trainer

Subjek

Digital integrated circuits-logic design
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI MODUL PRAKTIKUM TEKNIK DIGITAL DAN KOMPUTER SAP-1 SEBAGAI SARANA PERKULIAHAN D3 TEKNIK TELEKOMUNIKASI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALFI MUHAMMAD AKBAR BARIA
Perorangan
DENNY DARLIS
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini