IMPLEMENTASI SISTEM KEAMANAN KENDARAAN BERMOTOR DENGAN MENGGUNAKAN SECURITY KEY DAN SENSOR KECEPATAN

TOMY OKTA SAFRI YANDO

Informasi Dasar

15.06.146
621.382
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAK

Penguna sepeda motor dewasa ini semakin hari semakin meningkat. Pencurian sepeda motor sering terjadi akibat kecerobohan pemilik kendaraan bermotor itu sendiri ataupun lingkungan sekitar yang kurang aman. Salah satu penyebab hilangnya sepeda motor adalah seringnya pemilik kendaraan meninggalkan sepeda motor diluar rumah ketika sedang dipanaskan. Untuk mengatasi hal tersebut maka dibutuhkan alat pengaman sepeda motor berupa security key dan sensor kecepatan yang dapat meningkatkan keamanan sepeda motor pada saat ditinggalkan dalam keadaan menyala ataupun sedang mati.

Dengan menggunakan sistem keamanan berupa password yang sudah ditentukan dan berbasis Mikrokontroler ATmega328 atau yang biasa disebut Arduino Uno, yang berfungsi sebagai sistem keamanan pada sepeda motor, diharapkan dapat mengurangi tingkat pencurian sepeda motor serta dapat meningkatkan keamanan pada sepeda motor dalam keadaan mati ataupun menyala. Perancangan sistem keamanan pada seoeda motor ini merupakan salah satu bentuk pengaplikasian penggunaan Sistem Mikrokontroler yang dapat merespon input dan output yang terdiri dari Keypad, LCD (Liquit Crystal Display), Reed switch(sensor kecepatan),  dan Alarm.

Pada Proyek Akhir ini, hasil yang diharapkan telah sesuai dengan skema yang dirancang. Sistem password yang sudah ditentukan dapat diimplementasikan ketika kondisi sepeda motor dalam keadaan mati ataupun menyala. Reed switch (sensor kecepatan)  juga dapat berfungsi sebagai sistem pengamanan sepeda motor ketika sepeda motor dinyalakan tanpa menggunakan password terlebih dahulu. Selain itu, alarm akan berbunyi ketika sistem keamanan menyala. Oleh karena itu, secara keseluruhan alat ini dapat berjalan dengan baik sesuai dengan sistem dan skema yang dirancang.

Subjek

TELECOMMUNICATIONS ENGINEERING
 

Katalog

IMPLEMENTASI SISTEM KEAMANAN KENDARAAN BERMOTOR DENGAN MENGGUNAKAN SECURITY KEY DAN SENSOR KECEPATAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TOMY OKTA SAFRI YANDO
Perorangan
TODY ARIEFIANTO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini